Home / Barito

Minggu, 4 Oktober 2020 - 06:06 WIB

Demi TMMD, Warga Relakan Kebun Karet Produktif Digusur

Tamiang Layang,KaltengEkspres.com – Demi lancarnya pelaksanaan pembangunan jalan penghubung antara Desa Sibung dan Dusun Layung Habang, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur oleh TMMD Ke-109 Kodim 1012 Buntok, puluhan warga setempat merelakan kebun karet mereka yang sudah produktif untuk digusur.

Diakui oleh salah satu warga Desa Sibung Siswanto, ia iklhas apalagi pembangunan jalan sepanjang 3 Km yang menjadi prioritas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Kodim 1012 Buntok itu, merupakan akses utama warga dari empat desa yang berada disana.

“Karena jalan ini lebih penting untuk akses warga, jadi tidak apa-apalah tanah dan kebun karet kami digusur. Apalagi dengan adanya jalan ini, tidak hanya saya dan keluarga saja yang diuntungkan, tapi juga banyak warga desa lainnya dari empat desa ini yang akan merasakan manfaatnya,” akui Siswanto, Senin (3/10/2020).

Baca Juga :  Jalin Kebersamaan, Anggota Satgas TMMD Bermain Volly Bersama Warga

Ia yakin, dengan terbukanya akses jalan tersebut, akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, karena memudahan mereka mengantarkan hasil pertanian untuk diperjual belikan ke pasar.

“Dengan terbukanya jalan ini, selain lancar ongkos untuk mengangkut hasil panen kamipun akan lebih murah,” yakinnya.

Tindakan Siswanto yang merelakan tanahnya untuk dijadikan badan jalan itu, diapresiasi oleh Dandim 1012 Buntok Letkol Inf. Dwi Tantomo.

Baca Juga :  Sugianto - Edy Pratowo Fokuskan Pembangunan Infrastruktur di Kalteng

Perwira menengah (Pamen) berpangkat dua melati itu mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Siswanto adalah hal yang patut dicontoh oleh masyarakat di desa-desa lainnya. Sebab, itu merupakan salah satu bentuk dukungan yang baik oleh masyarakat demi lancarnya program pembangunan pemerintah.

“Kami sangat salut dan bangga terhadap semua warga desa yang berpikiran terbuka seperti itu. Hal ini, juga merupakan bukti kuat dan baiknya hubungan dan komunikasi antara TNI di lapangan dengan masyarakat,” apresiasi Dwi.

“Kita sangat berharap, agar jalan ini nantinya benar-benar bisa dimanfaatkan oleh warga, supaya kedepannya ekonomi dan kehidupan semakin sejahtera,” tandasnya.(rif)

Share :

Baca Juga

Barito

Giliran Direktur PT Tirta Diperiksa Kejari Barsel

Barito

Disdik Barut Salurkan Dana Program Indonesia Pintar

Barito

Camat Karau Kuala Pastikan Hanya, BLT DD Dicairkan Bagi Desa Teluk Sampudau

Barito

Seorang Wanita di Barsel Tewas Dibunuh

Barito

Warga dan Satgas TMMD Terus Berkoordinasi Terkait Kegiatan

Barito

Besok, Polres Barsel Gelar Fun Bike Bertabur Hadiah

Barito

Dua Rumah di Barito Utara Berkobar

Barito

Lima Bulan Buron, Pencuri Dua Ekor Sapi Diringkus Polisi