Home / Barito

Senin, 5 Oktober 2020 - 15:19 WIB

Dandim Dorong Warga Kembangkan Kerajinan Lokal

Tamiang Layang,KaltengEkspres.com – Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Kodim 1012 Buntok, mendorong agar warga di desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur dan sekitarnya, bisa mengembangkan sektor kerajinan tangan lokal menjadi ekonomi kreatif yang dapat diunggulkan.

Dorongan ini disampaikan langsung oleh Dandim 1012 Buntok Letkol Inf. Dwi Tantomo, kepada kelompok ibu-ibu yang pengrajin anyaman dari rotan (Puak Calameae) dan bemban (Donax Canniformis) yang ada di desa Sibung, Minggu (4/10/2020).

Baca Juga :  Naas...Pengendara Motor KLX Tewas Dilindas Truk Logging

Berbagai macam perkakas pertanian tradisional seperti lanjung, rambat, tikar dan lain sebagainya yang terbuat dari rotan dan bemban tersebut, memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran.

Hal ini menurut Dandim bila dijadikan usaha, maka bukan tidak mungkin dapat dijadikan sektor usaha unggulan bagi masyarakat di wilayah tersebut, apalagi mengingat nilai jual hasil kerajinan tersebut cukup tinggi baik di lokal maupun tingkat nasional.

Baca Juga :  Satu Jasad Korban Tugboat Meledak Ditemukan Mengenaskan¬†

Apalagi saat ini, dengan adanya produk tersebut yang ramah lingkungan, bisa dijadikan alternatif tas belanja rumah tangga, sebagai upaya mengurangi penggunaan kantong plastik yang selalu menjadi momok pencemaran lingkungan hidup tertinggi dan paling berbahaya sekarang ini.

“Kita harap kerajinan ini bisa terus dikembangkan, sebagai salah satu sektor usaha unggulan masyarakat, sekaligus kampanye penggunaan perkakas rumah tangga dan pertanian yang ramah lingkungan,” tutur Dwi Tantomo.(rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Bappeda Barsel Gelar Workshop Ekspos RAD AMPL

Barito

Turnamen Daha Tutu Cup III Siap Digelar

Barito

Kodim 1012 Buntok Pisah Sambut Dandim Lama dan Baru

Barito

Dewan Gelar Paripurna Penyampaian 3 Raperda 

Barito

Mantap! Kades Janggi Siap Sukseskan Program TP PKK Desa

Barito

Ibu – Ibu Persit Buat Paresel kunjungan tim wasev

Barito

Kapolres Baru Barsel Disambut Upacara Adat

Barito

Geger, Warga Barut Temukan Orok Bayi di Belakang Bangunan Walet