Home / Pemprov Kalteng

Kamis, 10 September 2020 - 14:15 WIB

Gubernur H Sugianto Sabran Salurkan Bansos Tahap II

Penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial oleh Gubernur Kalteng kepada Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kamis (10/9/2020). Foto : Ra

Penyerahan secara simbolis Bantuan Sosial oleh Gubernur Kalteng kepada Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Kamis (10/9/2020). Foto : Ra

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, secara resmi menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, berupa sembako kepada masyarakat Kalteng. Kegiatan bekerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Bulog Kalteng ini berlangsung di Aula Jayang Tingang (AJT) kantor Pemprov Kalteng, Kamis (10/9/2020).

Penyaluran bansos dengan total Rp27,8 miliar lebih tersebut setelah dilakukan verifikasi oleh pihak terkait, kemudian diajukan ke Dinas Sosial Provinsi Kalteng agar penyalurannya tepat sasaran. Penyaluran bansos tersebut, untuk menjaga ketahanan pangan dan kualitas gizi masyarakat yang terdampak pandemi secara ekonomi di seluruh wilayah Kalteng.

“Setelah dilakukan verifikasi data dan koordinasi dengan pihak terkait, anggaran APBD Kalteng dapat menyalurkan untuk 112.492 kepala keluarga se-Kalteng. Untuk tahap pertama Rp500 ribu, untuk puluhan ribu Kepala Keluarga (KK) setelah di validasi dan verifikasi. Nah, untuk tahap kedua ini tidak tunai namun dijadikan paket sembako berisi beras dan lainya. Mudah-mudahan hal ini dapat bermanfaat untuk masyarakat,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur meminta kepada pihak bulog dan penyalur bansos agar terus mengkampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat, sehingga dapat terhindar dari potensi sebaran covid-19.

Baca Juga :  Stunting Kalteng Harus Terus Ditekan

“Kita ingin terus membantu masyarakat dalam upaya pemulihan ekonomi, namun juga menjaga kesehatan agar terhindar dari covid-19. Untuk itu setiap penyaluran juga disampaikan edukasi menggunakan protokol kesehatan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga menyerahkan secara simbolis kepada Walikota Palangka Raya sebagai perwakilan kepala daerah untuk selanjutnya menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat.

Gubernut juga menyebut, bahwa pihaknya telah menyiapkan untuk bansos tahap ketiga dengan menyesuaikan anggaran APBD Provinsi Kalteng pada akhir tahun nanti.

“Nanti kita lihat, apakah anggaran APBD Provinsi nantinya dapat dilakukan bansos tahap ketiga, kami akan meminta masukan dari Dewan, pihak terkait serta kondisi dampak sosial covid-19 di masyarakat. Namun hal itu menjadi perhatian kami untuk membantu masyarakat agar dapat semuanya terbantu secara bertahap,” tandas Sugian.

Tahap I Penerima 180.747 KK

Untuk diketahui sebelumnya Pemprov Kalteng pada akhir bulan Mei lalu juga menyerahkan bantuan langsung yang disalurkan melalui PT. Bank Kalteng, dan setiap Kepala Keluarga terdampak Covid-19 menerima BLT sebesar Rp500 ribu. Penyerahan bantuan sosial ini merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat untuk menjamin kehidupan dan kelangsungan hidup masyarakat Kalimantan Tengah dalam kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bahas DBH DR, Pemprov Kalteng Audiensi dengan Dirjen PKD

Gubernur Sugianto Sabran mengatakan telah menerima laporan dari TGTPP Covid-19 Kalteng yang menyebutkan jumlah keluarga penerima manfaat tercatat 180.747 Kepala Keluarga tersebar di kabupaten/kota se-Kalteng.

“Tidak sedikit keluarga yang terdampak karena pandemi ini. Masyarakat bisa kehilangan sebagian bahkan seluruh mata pencahariannya. Itulah sebabnya saya memprioritaskan Program Bantuan Sosial ini sebagai salah satu upaya menyediakan jaring pengaman sosial untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Tengah,” beber Sugianto Sabran.

Disebutkan ada kemungkinan masih ada keluarga terdampak Covid-19 yang belum mendapat bantuan sosial yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait bersama Babinkamtibmas dan Babinsa di berbagai pelosok Kalimantan Tengah agar secara teliti menelusuri dan mendata keluarga-keluarga yang terdampak dan belum mendapatkan bantuan sosial sehingga bisa mendapatkan bantuan sosial pada kesempatan berikutnya,” pungkas Gubernur. (Ra)

 

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Perlu Kerjasama Penguatan PAUD

Pemprov Kalteng

Kalteng Bakal Gelar Ivent GBBI dan GBWI 2023

Pemprov Kalteng

Di Usia ke 73, Batara Diharapkan Semakin Maju

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng : Pergub Dalkarla Akan Segera Selesai

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bansos Korban Banjir di Mura

Pemprov Kalteng

Gubernur Kalteng Ikut Peringati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pemkab Pulang Pisau

Wagub Kalteng Bagikan Seribu Paket Sembako di Pulpis

Pemprov Kalteng

Tahun Ini Pemprov Kalteng Mulai Tertibkan Aset Provinsi