Home / Metro Palangka Raya

Minggu, 16 Agustus 2020 - 13:56 WIB

Pesepeda Wajib Patuhi Aturan dan Rambu-rambu Lalu Lintas

Kasatlantas Polresta Palangka Raya AKP Anang Hardiyanto.

Kasatlantas Polresta Palangka Raya AKP Anang Hardiyanto.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Bersepeda menjadi sebuah tren di tengah pandemi covid-19 ini, karena dijadikan sebagai sarana berolahraga untuk menjaga imunitas tubuh bagi sebagian masyarakat  Kota Palangka Raya.

Namun demikian, masyarakat yang gemar berolahraga menggunakan sepeda diimbau agar tetap dan wajib mematuhi aturan serta rambu-rambu lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya AKP Anang Hardiyanto mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada para pesepeda untuk selalu mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas.

“Menggunakan jalan raya artinya pesepeda harus mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Jangan sampai melanggar atau menerobos lampu merah,”ungkap Anang Hardiyanto, Minggu (16/8/2020) pagi.

Baca Juga :  Dua Budak Sabu Dibekuk Tim Raimas Back Bone

Dijelaskannya, aturan rambu-rambu lalu lintas ini adalah aturan yang dibuat untuk keselamatan bersama bagi semua pengguna jalan raya.

Bahwa ada tiga jenis pengguna jalan raya yakni, pejalan kaki, kendaraan tidak bermesin (sepeda) dan kendaraan yang bermesin. Kendaraan yang tidak bermesin wajib mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas.

“Jangan sampai tidak mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas seperti menerobos lampu merah, hal tersebut tentu membahayakan pesepeda itu sendiri dan orang yang lain, jadi kita harapkan hal ini menjadi perhatian penting,”ujarnya.

Dirinya juga mengimbau kepada pesepeda agar ketika melewati jalan raya tidak berbaris lebih dari dua, karena hal tersebut dapat menghambat laju kendaraan bermesin yang berada di belakangnya dan jangan sambil bermain handphone lantaran bisa mengakibatkan Kecelakaan jika tidak berhati-hati.

Baca Juga :  Hindari Mobil Parkir, Truk Bermuatan Kelapa Sawit Terguling

“Jadi kalau bersepeda di jalan raya itu maksimal dua baris aja, karena sepeda merupakan kendaraan tidak bermesin yang kecepatannya lebih lambat dibandingkan kendaraan bermesin,”paparnya.

Selain itu ketika bersepeda diharapkan berada di jalur kiri, tidak berada di tengah-tengah jalan yang dapat menghambat laju kendaraan bermesin dan jangan sambil bermain atau menggunakan handphone saat bersepeda. (am)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Dorong Percepatan Vaksinasi

Metro Palangka Raya

KNPI Palangka Raya Gelar Rapimda 2019

Metro Palangka Raya

IRT di Palangka Raya Diancam Dibunuh dengan Pisau 

Metro Palangka Raya

Asyik Ngelem, Dua ABG Diciduk Tim Raimas Polda Kalteng

Metro Palangka Raya

Gudang Ternak Hangus Terbakar

Metro Palangka Raya

Kios Warga Dibobol Pencuri, TV dan Ponsel Raib Dibawa Kabur

Metro Palangka Raya

Residivis Curat Tumbang Didor Polisi

Metro Palangka Raya

Polda Kalteng Imbau Masyarakat Tak Terprovokasi
error: Content is protected !!