Home / Barito

Jumat, 12 Juni 2020 - 16:15 WIB

Polres Barsel Jagokan Desa Mabuan Ikut Lomba Lewu Isen Mulang

Buntok,KaltengEkspres.com – Polres Barito Selatan (Barsel) telah menyiapkan Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, sebagai unggulan percontohan desa tangguh dalam program lomba ‘Desa Pantang Menyerah’ atau ‘Lewu Isen Mulang’ yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah.

Hal itu, diungkapkan Kapolres Barsel AKBP Devy Firmansyah SIK kepada awak media, pada saat mendampingi  Kabidhumas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan, SIK saat kunjungan di desa Mabuan, Jumat (12/6/2020).

“Jagoan saya sih, tetap desa Mabuan, karena selain desa Mabuan siap untuk mengikuti lomba, kita juga bisa sering melakukan pengawasan dan pengecekan,” tukasnya.

Ia membeberkan, mengapa desa Mabuan  menjadi unggulan, sebab selain jaraknya yang cukup dekat dengan pusat kota Buntok, desa Mabuan juga dipandang telah memenuhi kriteria yang diperlombakan, yakni tahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), tahan pangan dan tahan virus Corona (Covid-19).

Baca Juga :  Ditabrak Dari Belakang, Kakek Pensiunan ASN di Bartim Tewas

Kekuatan yang dimiliki Mabuan sebut Devy, sangat merata dalam tiga hal yang menjadi kriteria penetapan. Pasalnya di desa bependuduk sekitar 500 jiwa ini, dalan hal ketahanan pangan, hampir setiap rumah memiliki kebun tanaman obat-obatan keluarga (Toga) dan sayur-mayur serta peternakan ayam dan ikan sendiri-sendiri, kebanyakan warga juga berprofesi sebagai petani sawah padi.

Kemudian dalam hal pencegahan Covid-19, selain sebagai salah satu desa yang poskonya paling aktif, di setiap rumah warga juga telah disediakan ember cuci tangan.

Sedangkan, dalam hal ketahanan Karhutla, desa Mabuan juga dipandang paling kuat karena selama ini belum ada catatan terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan di desa penghasil buah-buahan tahunan tersebut.

Baca Juga :  Bobol Rumah Warga, Residivis Curat Diringkus Polisi

“Kalau saya lihat, untuk (ketahanan) Covid-19-nya dia kuat, ketahanan pangan apalagi, terus Karhutlanya di situ Alhamdullilah selama ini satu kalipun tidak pernah terjadi kebakaran hutan di Mabuan,” rincinya.

“Karena memang masyarakatnya proaktif dalam mematuhi imbauan-imbauan pemerintah, baik melalui kecamatan maupun dari TNI dan Polri,” jelasnya pria berpangkat melati dua itu.

Masih dikatakan Devy, selain desa Mabuan, pihaknya telah memerintahkan kepada setiap Kapolsek yang ada di daerah itu untuk segera menyiapkan setidaknya satu desa di setiap kecamatan untuk dijadikan desa unggulan percontohan desa tangguh yang akan diikutsertakan dalam lomba.

Kemaren saya sudah perintahkan  seluruh Kapolsek untuk menyiapkan desa tangguh di kecamatan masing-masing, dari mulai Gunung Bintang Awai (GBA), Dusun Utara, Karau Kuala, Jenamas dan Dusun Hilir,” tandasnya. (rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Manfaatkan Limbah Kegiatan TMMD Timbun Pekarangan Warga

Barito

Sekitar 85 Persen Material Timbunan TMMD Sudah Tersuplai Ke Lapangan

Barito

Waspada, Aksi Penipuan Catut Nama Kasatreskrim Barsel

Barito

Banung Gantikan Henry di DPRD Mura

Barito

Anggota Satgas TMMD Sambangi Pasar Tradisional

Barito

Bandar Narkoba Dusun Timur Dibekuk Polisi

Barito

Timbun Solar, Warga Kobar Diringkus Polisi

Barito

Zona Merah, Desa Sibung Terlihat Sunyi di Waktu Malam Hari