Home / Metro Palangka Raya

Senin, 2 Maret 2020 - 22:41 WIB

Siaga Corona, Dinkes Kalteng Lakukan Pencegahan

Petugas RSUD Doris saat menggelar simulasi antisipasi virus corona belum lama ini.

Petugas RSUD Doris saat menggelar simulasi antisipasi virus corona belum lama ini.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ramai diberitakan bahwa saat ini di Indonesia telah positif 2 orang terjangkit virus Covid-19 atau yang umum dikenal sebagai virus corona. Turut ditanggapi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul.

Menurut dia, menyikapi kejadian ini pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah antisipasi. Bahkan ia mengakui sebelum pemerintah menyatakan Indonesia terserang corona pihaknya telah bersiap diri.

“Kami telah melakukan rapat koordinasi yang melibatkan beberapa pihak antara lain Polda dan Korem, dan semua mitra terkait,” ujar Suyuti.

Baca Juga :  Mengantuk, Sopir Hilux Hantam Pembatas Jalan

Dalam tindakan pencegahan ini pihaknya memperketat pengawasan kunjungan dari luar negeri, selain itu berdasarkan hasil koordinasi bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bahwa akan menyetop penerimaan tenaga kerja asing (TKA) untuk sementara waktu. Bahkan TKA yang saat ini berada di Kalteng dilarang untuk meninggalkan Kalteng.

“Sementara dalam bidang transportasi di setia bandara telah dipasang thermal scanner, untuk awak kapal untuk turun ke darat jika terindikasi sakit. Semua awak kapal akan melalui pemeriksaan di kapal sebelum turun,” jelasnya.

Baca Juga :  Waspada Menyewakan Mobil Rental

Dinkes Kalteng sendiri lanjut dia, telah menyiapkan tiga rumah sakit rujukan untuk isolasi yaitu RSUD Doris Sylvanus, RSUD Immanudin Kotawaringin Barat, dan RSUD Murjani Kotawaringin Timur.

Ketiga rumah sakit ini dinyatakan telah siap dan memiliki peralatan memadai untuk ruang isolasi. Suyuti mengimbau untuk tidak panik namun tetap waspada, salah satunya dengan menjaga kebersihan diri.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah jika belum mencuci tangan, dan menghindari kerumunan bila tidak perlu,”paparnya. (via)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Dewan Dukung Perbaikan Jalan Rusak

Metro Palangka Raya

Teler Usai Nyabu, Warga Panarung Diringkus PolisiĀ 

Hukum Kriminal

Keluarga Korban Berterima Kasih kepada Tim Macan Kalteng

Metro Palangka Raya

Hakim Tolak Eksepsi Ben Brahim dan Ary Egahni

DPRD Kota

Ketahanan Pangan Tidak Harus Selalu Padi

Metro Palangka Raya

Puluhan Rumah Warga Mendawai Ujung Berkobar

Metro Palangka Raya

BNNP Kalteng Bongkar Jaringan Pemasok Sabu dari Madura

Metro Palangka Raya

Gerebek Kampung Narkoba, Polisi Tangkap 6 Orang Pengedar dan Bakar Pos Pantau