Home / DPRD Kotim

Jumat, 20 Maret 2020 - 17:24 WIB

Dewan Desak Pemkab Kotim Gunakan Dana BTT Untuk Tangani Covid-19

Anggpta Komisi III DPRD Kotim, Riskon

Anggpta Komisi III DPRD Kotim, Riskon

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran telah mengumumkan bahwa di Kalteng ditemukan dua orang positif terpapar Virus Corona (Covid-19) dan sedang dirawat di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Kondisi ini membuat Pemprov Kalteng menaikkan status dari siaga menjadi tanggap darurat.

Menyikapi ini, Anggota Komisi III DPRD Kotim, Riskon Fabiansyah mendesak agar Pemkab Kotim harus cepat tanggap dengan adanya informasi terkait dengan adanya dua warga Kalteng yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

“Pemkab Kotim harus tanggap dengan bencana Covid-19 ini, karena di Kalteng baru saja disampaikan oleh Gubernur ada dua orang yang positif terpapar,” kata Riskon kepada awak media Jumat (20/3/2020).

Baca Juga :  Dewan : Penyebab Banjir Kotim karena Fungsi Anak Sungai Mulai Berkurang

Menurut Riskon, pengumuman yang disampaikan Gubernur tersebut sudah bisa menjadi dasar bagi Pemkab Kotim untuk segera melengkapi fasilitas kesehatan RSUD dr. Murjani Sampit yang juga termasuk sebagai rumah sakit rujukan bagi pasien Covid-19.

Karena dengan adanya kesiapan tersebut lanjut Riskon, pihak rumah sakit setempat dapat mendeteksi secara dini terhadap pasien yang terpapar atau yang dinyatakan sebagai suspect Covid-19, sehingga bisa cepat ditangani.

“Walaupun rumah sakit daerah kita sudah mempunyai tenaga spesialis paru, salah satu kendala kenapa belum maksimal pelayanan rumah sakit adalah berkenaan dengan Alat Pelindung Diri (APD). Hal itu menyangkut persiapan untuk tenaga medis kita yang bertugas, dan persiapan ruang isolasi khusus bagi penyakit menular, sambil kita melihat perkembangan dari wabah ini selanjutnya,”ujar Riskon.

Baca Juga :  Daerah Juga Bertanggung Jawab Urusi Regulasi Pendidikan

Jika diperlukan tambah Riskon, Pemkab Kotim bisa segera menggunakan dana Biaya Tidak Terduga (BTT) dengan dasar status siaga telah dinaikkan menjadi tanggap darurat.

“Kami selaku Komsi III DPRD Kotim yang menjadi mitra pemerintah, menyatakan selalu siap dan mensupport kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Bupati demi memastikan masyarakat Kotim bebas dari wabah Covid-19,” tandasnya. (Ry)

Share :

Baca Juga

DPRD Kotim

Dewan Minta Pemkab Kotim Bijak Gunakan Anggaran

DPRD Kotim

Butuh Ketegasan untuk Benahi Investasi Daerah

DPRD Kotim

Dewan Optimis Pengembangan Bandara H Asan Terealisasi

DPRD Kotim

DPRD Kotim Berikan 4 Rekomendasi Tanggapi Tuntutan Cabut Subsidi BBM Solar

DPRD Kotim

Benahi Desa Tertinggal yang Belum Teraliri Listrik

DPRD Kotim

Keberadaan PBS Perkebunan Sawit Perlu Dievaluasi

DPRD Kotim

Perda Bantuan Pendidikan Solusi Tingkatkan SDM Warga Kurang Mampu

DPRD Kotim

Serap Aspirasi, Dewan Reses ke Dapil Masing-masingĀ