Wabup Mura Pimpin Apel Siaga Karhutla

Wabup Mura Rejikinoor saat memimpin apel siaga karhutla di halaman Kantor Bupati Mura Kamis (8/8/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.comPemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya menggelar apel siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di halaman Kantor Bupati Murung Raya, Kamis (8/8/2019) pagi. Apel tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup) Mura Rejikinoor.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Mura dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Pemkab Mura .

Wabup mengatakan, selama ini penyebab kebakaran hutan dan lahan 90% adalah akibat ulah manusia, baik yang dilakukan secara sengaja maupun akibat kelalaian. Disamping itu faktor alam juga turut mendukung dalam penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti kemarau panjang dan terjadinya gejala El Nino.

Untuk itu lanjut dia, dengan adanya apel siaga karhutla ini di Kabupaten Mura diharapkan bisa menjadi kerangka partisipatif antara pemerintah daerah, organisasi masyarakat, perusahaaan dan masyarakat lokal secara umum melalui revitalisasi kearifan lokal dan pengintegrasian teknologi modern, untuk turut serta terlibat dalam pengendalian dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Karena pengendalian kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta, sehingga keberhasilan dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan sangat tergantung dari peran aktif serta komitmen para pihak terkait,”ungkap Rejikinoor saat membacakan sambutan Bupati Mura Perdie M Yosep di kegiatan tersebut, Kamis (8/8/2019). (an/hm)