Pelayanan Prima BPJS Kesehatan Membuat Nyaman Peserta JKN-KIS

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam sebuah proses pemberian pelayanan kepada masyarakat wajib dilakukan dengan carater baik. Sederhananya pelayanan terbaik atau prima adalah pelayanan yang diberikan sesuai standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan dari pelanggan. Pelayanan seperti itulah yang sering diharapkan pada instansi pemberi pelayanan publik, tak terkecuali di BPJS Kesehatan.

Setidaknya hal itulah yang telah dirasakan sendiri oleh salah seorang dosen sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Palangka Raya yang telah menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Ia adalah Frands (56), pria yang tinggal di Jalan. G. Obos – Kota Palangka Raya ini telah merasakan sendiri pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya. Ia pun tak keberatan membagikan pengalamannya tersebut awak media, saat ditemuai pada Jumat (28/06).

Menurutnya, pelayanan di BPJS Kesehatan sudah sesuai dengan standar pelayanan prima yang diharapkan oleh peserta. Bahkan dirinya menilai, pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan ini sudah sesuai dengan standar pelayanan prima yang ada pada instansi pelayanan publik.

“Dari mulai saat memasuki pintu kita sudah disambut oleh satpam yang menawarkan bantuan pertamanya kepada masyarakat yang datang. Ini sangat bagus untuk tingkat kepuasan dari masyarakat yang dating ke kantor BPJS Kesehatan. Belum lagi pelayanan yang diberikan petugas frontline-nya,” ungkap Frands.

Ia menambahkan, pelayanan bias disebut baik bukan hanya dilihat dari sisi petugasnya saja, tetapi terdapat banyak  hal yang bias berpengaruh terhadap kepuasan dari peserta. Misalnya dukungan sarana dan prasarana serta waktu pelayanannya.

“Pelayanan bisa dikatakan baik atau prima itu bukan hanya dilihat dari keterampilan dan sikap petugas saja dalam memberikan pelayanan kepada peserta. Tapi juga bias dipengaruhi hal-hal lain, misalnya saja kondisi kebersihan ruangan, terus waktu pelayanannya juga,”ujarnya.

Baca Juga :  Cegah Laka Maskapai, Pilot dan Pramugari Dites Urine

Waktu saat peserta mengantri lanjut dia, juga bisa jadi penilaian pelayanan prima. Tapi kantor BPJS Kesehatan sini semuanya sudah bagus, waktu antrinya tidak lama, hanya sekitar 15-20 menitlah nunggu. “Kita sebagai peserta juga bisa memberikan penilaian setelah selesai dilayani petugas,”tandas Frand. (adv)