Warga Desa Diimbau Waspada Karhutla

Camat Murung Banjang Jalin saat poto bersama dua pejabat lainya.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Camat Murung Banjang Jalin mengimbau warga sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Murung agar mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerahnya masing-masing selama musim kemarau. Yakni dengan melakukan upaya mengantisipasi dan mencegah sejak dini.

“Kita imbau warga untuk waspada terhadap peristiwa karhutla. Khususnya di desa yang merupakan rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Karena selama musim kemarau ini, rawan terjadi kebakaran. Untuk itu perlu kewaspadaan kita bersama dalam menjaga lingkungan masing-masing,”ungkap Banjang Jalin kepada awak media, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, kewaspadaan ini perlu dilakukan, karena cuaca panas ini mulai mengancam lahan warga dan hutan. Oleh sebab itu, dirinya menekankan kepada warga sejumlah desa agar jangan membuka lahan dengan cara membakar atau membuang putung rokok secara sembarangan, karena dapat memicu terjadinya kebakaran besar.

“Sejauh ini untuk skala luas di Kecamatan Murung memang belum ada ditemukan kebakaran besar hutan dan lahan. Kendati demikian kita berharap jangan sampai terjadi. Karena itu lah perlu langkah antisipasi sejak dini semua warga,”ujarnya. (an/hm)