Home / Pemprov Kalteng

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:46 WIB

Kalteng Pecahkan Rekor Muri Bakar Jagung Terbesar se Indonesia

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menerima piagam Rekor Muri seusai kegiatan di Bundaran Besar Palangka Raya Minggu (16/6/2019).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menerima piagam Rekor Muri seusai kegiatan di Bundaran Besar Palangka Raya Minggu (16/6/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Provinsi Kalteng Berhasil memecahkan Rekor Muri Bakar Jagung sebanyak 62 ribu tongkol se Indonesia.  Rekor ini mampu mengalahkan Rekor Muri Bakar Jagung di Jember sebanyak 52 ribu tongkol.  Event bakar jagung 62 ribu tongkol ini digelar dalam rangka HUT Provinsi Kalteng ke 62 yang dipusatkan di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (16/6/2019).

Acara ini dihadiri Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran didampingi istri, Kapolda Kalteng,  Irjen Pol. Anang Revandoko, Danrem 102 Panju Panjung, Kolonel Arm Saiful Rizal, Bupati Pulang Pisau,  H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M dan Wakil Bupati, Pudji Rustaty Narang dan Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka dan Anggota DPD-RI Hamdani serta pejabat kepala dinas/badan lingkung Pemerintah Provinsi Kalteng.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan melalui Rekor Muri bakar jagung 62 ribu tongkol hasil pertanian Kelurahan Kalampangan ini, diharapkan produktifitas jagung di Kalteng terus ditingkatkan oleh seluruh dinas pertanian kabupaten/kota se-Kalteng, baik dari sisi luas lahan maupun jumlah produksi jagung. Jadi tidak hanya sampai pada event ini saja, tapi dapat menjadi motivasi untuk pengembangan komoditas.

Baca Juga :  Pemprov Kalteng Salurkan Bansos Tahap II di Barsel

Karena pihak Kementerian Pertanian menjatahkan tanaman jagung di Kalteng seluas 200 ribu hektar, sampai saat ini terealisasi baru 50 ribu hektar lebih. Terus meningkat dari tahun 2011 – 2015 sebanyak 12 ribu ton, sekarang dalam 3 tahun produksi meningkat hampir 1000 persen tahun 2018 menjadi 112 ribu ton jagung.

Diharapkan, dengan keberhasilan panen jagung dalam jumlah besar ini, semua komoditas tanaman pangan harus kita pacu lagi produksinya. Harapanya kedepan tidak hanya dari sisi hulunya saja, tapi juga harus ada hilirisasi yakni pabrik pakan ternak dari bahan jagung.

Baca Juga :  Bertambah 7 Orang, Pasien Positif Covid-19 Kalteng Capai 128 Orang

“Karena kita ada 2 jenis jagung yaitu jagung manis untuk konsumsi dan jagung komposit untuk pakan ternak, sehingga Kalteng tidak tergantung lagi dengan lain seperti Kalsel, ” ungkap Gubernur kepada awak media seusai menerima piagam Rekor Muri.

Sugianto juga mengapresiasi kinerja Dinas Pertanian Provinsi Kalteng yang kreatif dan memiliki inovasi, sehingg berhasil membina petani, khususnya petani jagung hingga mampu memproduksi jagung dalam jumlah besar dan diharapkan terus meningkatkan produktifitas pangan yang lainnya misalkan padi,  bawang merah dan lain sebagainya.

“Prestasi dinas pertanian ini harus dicontoh oleh dinas-dinas lain untuk meningkatkan produktifitasnya. Saya juga mengimbau masyarakat Kalteng untuk giat bertani, karena usaha pertanian ini sangat menjanjikan dan mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarkat Kalteng,” tandasnya. (ed/adv)

Share :

Baca Juga

Pemprov Kalteng

Ini Fasilitas Penunjang Diskominfo Kalteng dalam Program Satu Data Indonesia

Pemprov Kalteng

Raja dan Ratu Belanda Bakal Kunjungi Kalteng, Ini Agendanya

Pemprov Kalteng

Penerapan New Normal Harus Berpedoman Intruksi Ketua Gugus Tugas Kalteng

Pemprov Kalteng

Kabupaten/Kota Diminta Susun Design Pengendalian Penduduk

Pemprov Kalteng

Tinjau Lokasi Kebakaran, Gubernur Intruksikan Segera Bangun Tenda Darurat

Metro Palangka Raya

Pemprov Kalimantan Tengah Terima Bantuan APD

Pemprov Kalteng

Pemprov Kalteng Bakal Kucurkan Dana Pinjaman Bunga Nol Persen

Pemprov Kalteng

Bupati dan Walikota Diingatkan Hati-hati Berlakukan New Normal
error: Content is protected !!