Gubernur Imbau Bupati/Wali Kota se-Kalteng Berempeti Terhadap Warganya

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) mengimbau kepada seluruh bupati/walikota se-Kalteng agar berempati terhadap masyarakat di wilayahnya, khususnya warga miskin atau kurang mampu yang hanya ingin mencari makan dengan berladang/ bertani.

“Jangan sampai masyarakat miskin ini ditangkap dan ditahan lantaran membuka lahan atau ladang dengan cara membakar. Karena mereka ini hanya ingin mancari makan dengan cara berladang,”ungkap Sugianto dalam Rapat Koordinasi Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Kalteng di Aula Eka Hapakat Lantai III Kantor Gubernur, Kamis (19/6/2019).

Karena menurut Sugianto, penegakan hukum harus memperhatikan berbagai pertimbangan untuk masyarakat tidak mampu ini, lantaran mereka hanya butuh untuk makan guna bertahan hidup.

“Intinya diteliti dulu untuk siapa dan apa tujuannya membakar lahan, jangan langsung ditangkap dan ditahan. Jika ada warga kurang mampu ditangkap, bupati/wali kota se-Kalteng harus hadir disitu, untuk peduli terhadap warganya supaya tak dijerat hukum. Karena kasian warga yang niatnya membuka lahan hanya untuk memenuhi nafkah hidupnya,”papar Sugianto.

Lain halnya, lanjut Sugianto, jika oknum yang melakukan pembakaran hutan dan lahan dilakukan oleh orang/oknum yang disuruh oleh pihak perusahaan atau bahkan perusahaan yang terindikasi membakar lahan,  maka itu yang harus ditindak tegas sesuai peraturan per undang-undang, tanpa pandang bulu. (ed/adv)