Distan Mura Budidaya Tanaman Kakao dan Kopi

IST Net.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com Dinas Pertanian Kabupaten Murung Raya (Mura) mengarahkan kelompok tani yang ada di Kabupaten Mura untuk beralarih bercocok tanam ke tanaman kakao dan kopi selama 2 tahun terakhir ini.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Mura, Yanette mengatakan, prioritas utama dalam menstabilkan kebutuhan para kelompok tani di Kabupaten Mura dilakukan pihaknya dengan pengelolaan Kakao di 2 Desa dengan besar lahan 54 hektar yaitu Desa Puruk Batu dan Sungai Lunuk sedangkan untuk kopi ada 15 hektar di Desa Muara Untu.

“Program pengembangan tanaman kakao dan kopi ini merupakan pilihan tepat. Pasalnya program tersebut sesuai dengan menjadi program Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk wilayah Kabupaten yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito,”ungkapnya kepada awak media, Selasa (11/6/2019).

Belum lama ini lanjut dia, pihaknya telah berkoordinasi dan ternyata program kakao dan kopi juga prioritas oleh Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah yang disampaikan juga oleh Gubernur Kalteng.

“Untuk kedepannya apabila prioritas pengembangan 2 tanaman tersebut akan terus dilakukan oleh pihaknya dikarenakan sejauh ini masih terbilang cukup baik hasilnya,”tandasnya. (to)