Gubernur Sukses Tingkatkan Puskesmas se-Kalteng Jadi Terakreditasi

Sejumlah Kepala SOPD Pemprov Kalteng saat memaparkan keberhasilan pemerintahan Sohib selama tiga tahun terakhir, dalam kegiatan FGD, di Aula Bappedalitbang, Selasa (21/5).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat sebanyak 138 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)  telah terakreditasi dalam 3 tahun masa kepemimpinan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinkes Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul. Menurutnya, berdasarkan data sejak tahun 2016 lalu, tercatat hanya sebanyak 13 puskesmas yang teakreditasi. Namun ditahun 2017 puskesmas yang terakreditasi mengalami peningkatan yang signifikan sebanyak 73 puskesmas.

“Di tahun 2017 ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan, yang mana sebanyak 60 puskesmas se-Kalteng terakreditasi,” katanya saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Media di Ruang Rapat Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Selasa (21/5/2019).

Bahkan ditahun 2018 ini lanjut dia, peningkatan jumlah puskesmas yang terakreditasi kembali melonjak sebanyak 64 puskesmas. Sedangkan ditahun berikutnya, yakni 2019 hanya bertambah 1 puskesmas yang terakreditasi.

“Jadi, sepanjang tahun 2016 hingga 2019 masa kepemimpinan Pak Gubernur Sugianto Sabran komitmennya untuk meningkatan kesehatan dengan perkembangan akreditasi dari puskesmas hingga sampai saat ini sudah terbukti, sebanyak 138 puskesmas telah terakreditasi,” tukasnya. (rd/adv)