Sukseskan Pemilu, GP Ansor Giat Gerakan Rabu Putih

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gerakan Pemuda Ansor Kota Palangka Raya persiapkan pasukan untuk mengawal pemilihan umum (Pemilu) damai, tahun 2019. GP Ansor juga bakal berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk pengamanan tersebut.

Ketua PC GP Ansor Kota Palangka Raya Akhamd Nor Slamet mengatakan, sesuai dengan hasil rapat kerja wilayah PW GP Ansor dan rapat kerja nasional GP Ansor, pihaknya diminta untuk mengamankan pemilu, agar berjalan dengan aman dan damai. Ansor juga akan melaksanakan Rabu Putih dalam rangka menyukseskan pemilu damai.

“Kegiatan Rabu Putih ini kita lakukan mengingat suhu politik saat ini cukup panas. Kita ingin pesta demokrasi benar-benar berjalan dengan aman dan lancar,” ucapnya, Minggu (7/4).

Rabu putih merupakan program GP Ansor untuk mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilih dan mengawasi penggunaan masjid sebagai sarana politik praktis. Kemudian pengawasan masjid digunakan untuk kepentingan tertentu.

“Bukan kita memakai pakaian putih, tetapi memutihkan pikiran dan hati untuk memgawal Pemilu 2019 yang damai. Kita tidak ingin ada intimidasi terhadap masyarakat dalam menggunakan hak pilih dan dibawah tekanan dan juga money politik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Kalteng Elly Saputra mengatakan, Ansor Banser dan warga NU harus berperan aktif menciptakan pemilu damai. Hal itu, sesuai dengan apa yang telah dilakukan NU selama ini dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Berpolitik harus damai. Kita Ansor Banser satu gerakan satu komando dalam gerakan pengamanan dan menyukseskan pemilu damai. Rabu putih harus kita gaungkan untuk menyukseskan pemilu damai,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Palangka Raya AKP Junaldi mengatakan,  Polres Palangka Raya telah menandatangani MoU dengan 60 orang takmir masjid, agar tidak menggunakan masjid dan rumah ibadah lainnya untuk kepentingan politik praktis. Sebab, jika itu dilakukan akan menimbulkan gejolak di masyarakat. (az)