Pemkab Mura Bakal Alokasikan Anggaran Pengadaan Komputer

Bupati Mura Perdie saat meninjau pelaksanaan UNBK di salah satu sekolah belum lama ini.

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Guna menunjang fasilitas komputer di sejumlah sekolah agar mudah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya bakal mengalokasikan anggaran bagi pengadaan komputer di sejumlah sekolah.  Anggaran tersebut rencananya dialokasikan pada APBD Perubahan 2019 ini.

“Pemerintah akan mencoba melakukan upaya dengan mengalokasikan APBD Perubahan 2019 terkait pembelian komputer bagi sekolah-sekolah, ya minimal pada tahun 2020 akan diupayakan dianggarkan,” kata Bupati Mura Perdie seusai meninjau pelaksanaan UNBK SMP beberapa waktu lalu.

Menurut Perdie, berdasarkan hasil pemantauannya termasuk laporan yang diterima, rata-rata sekolah memang kekurangan perangkat komputer untuk pelaksanaan UNBK. Kondisi ini tentu sangat mengganggu pelaksanaan ujian bagi para pelajar.

Sehingga dirinya berinisiatif perlu dilakukan upaya antisipasi kedepan khususnya untuk SMP sederajat, mengingat untuk SMA sudah menjadi wewenang pihak provinsi.

“Diharapkan nanti mendapat respon juga dari pihak legislatif terkait rencana alokasi anggaran pembelian komputer ini, karena memang penting harus dilakukan mengingat banyak sekolah yang kesulitan memenuhi kebutuhan komputer ini,”paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Mura, Ingatno S.Sos mengungkapkan,  pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat telah dilaksanakan. UNBK ini diikuti sebanyak 411 pelajar.  Namun hanya 74 sekolah yang mampu melaksanakannya, sedangkan sisanya melaksanakan UN berbasis Kertas dan Pensil.

Hal itu dikarenakan ada beberapa kendala, baik itu minimnya perangkat komputer di sekolah sekolah, termasuk juga minimnya jaringan untuk pelaksanaan UNBK khususntya sekolah sekolah pedalaman yang masuk tersisolir dari akses internet. (to)