Pemerintah Subsidi Rp 15 Miliar untuk Kapal Sunan Drajat

PULANG PISAU,Kaltengekspres.com– Dana yang dikucurkan pemerintah melalui pihak kementerian untuk operasional kapal KMP Sunan Drajat Paciran cukup besar. Yaitu, dalam satu tahun subsidinya mencapai Rp 13 miliar sampai Rp 15 miliar.

Hal itu dikatakan kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Jhon Oktoberiman. Ia membeberkan, subsidi itu diberikan pihak kementerian sebagai rangsangan terhadap operasional pelabuhan Bahaur-Paciran.

“Subsidi ini memang harus diberikan pihak kementerian. Karena pelabuhan ini masih baru dan memang harusnya seperti itu sampai pelabuhan itu nantinya betul-betul maksimal,” kata Jhon, Senin (15/4/2019).

Ia membeberkan, dalam satu bulan kapal Sunan Drajat Paciran berlayar sebanyak empat kali. Berangkat dari pelabuhan Paciran pada Selasa, sampai di pelabuhan Bahaur pada Rabu dan bermalam satu malam lalu kemudian pada Kamis berangkat kembali dari pelabuhan Bahaur menuju Paciran.

“Jadi ada atau tidak ada penumpang mereka akan tetap jalan. Sebenarnya sudah lumayan saja setiap berangkat itu ada berapa truk, mobil dan bahkan penumpang yang ikut. Tapi biaya itu belum mampu untuk menutupi kebutuhan operasional. Disitulah pentingnya subsidi tadi,” ucap dia.

Jhon menjelaskan, jika tak ada subsidi maka kapal Sunan Drajat Paciran tak akan bisa operasional. Subsidi akan dipastikan terus berlanjut sampai pelabuhan beroperasi sebagaimana yang diharapkan.

“Pelabuhan-pelabuhan lain umumnya juga seperti itu. Kalau tak ada subsidi untuk pelabuhan yang baru saja dibangun dan baru saja operasional ya tidak mungkin pelabuhan itu bisa beroperasi,” tandasnya. (dar)