Home / Pemkab Murung Raya

Jumat, 1 Maret 2019 - 17:39 WIB

Pendirian Politeknik Mura Fokus Dorong Industri Kreatif

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Perdie menyebut bahwa pembangunan politehnik atau jenjang pendidikan setingkat perguruan tinggi di Kabupaten Mura fokus untuk mendorong industri kreatif dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pembangunan Politeknik di Jalan Bhayangkara Puruk Cahu Seberang, nanti akan diadakan jurusan industir keratif, dan saat ini tengah proses di Kementerian Pendidikan. Mudahan tahun ini sudah bisa dibuka dan menerima mahasiswa baru” ungkap Perdie saat meninjau bangunan baru-baru ini.

Menurutnya, dipilihnya jurusan industri kreatif, karena berdasarkan hasil analisa yang mendalam, di Kabupaten Mura punya banyak sumber daya untuk kerajinan yang berasal dari hasil alam, termasuk berbagai bahan baku namun tidak dimanfaatkan.
Itu karena banyak masyarakat belum memiliki keterampilan dan fasilitas yang memadai, termasuk sarana pemasaran, padahal sector industri Mura punya potensi besar amun tidak tergali selama ini.

Berangkat dari hal itu, dengan adanya jurusan perkuliahan industry kreatif nantinya, akan melahirkan para generasi krearif dan inovatir dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada dan mampu membuat berbagai produk unggulan.

Baca Juga :  Rejikinoor Lepas Keberangkatan 58 Jemaah Umrah Mura

“Tentu outputnya nanti adalah peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus semakin terbukanya lapangan pekerjaan yang berasal dari kalangan swasta khususnya industri rumah tanggan atau yang lebih besar di Kabupaten Mura,”paparnya.

Baca Juga :  Pelaksanaan Salat Idul Adha Terapkan Prokes

Selain itu, lanjut dia, Kabupaten Mura ingin punya ciri khas dan lebih efektif ketika membbbuka perguruan tinggi yang selama ini terus diperjuangkan, sehingga dipilih jurusan industry kreatif, selian itu memang menjadi kebutuhan. Sehingga apabila teralisasim, tentu untuk regional kalimantan jurusan industri kreatif hanya ada satu satunya di Mura.

“Saya yakin aka nada pro dan kontra terkait dengan dipilihnya jurusan ini, namun tentu dengan niat yang aik dan keyakinan yang kuat dirinya optimis tidak salah pilih dan kedepan Mura mampu membangkitkan industry keratif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” pungkasnya.(to)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Rakor Percepatan Penurunan Stunting

Pemkab Murung Raya

DPUPR Mura Berikan Pelatihan Alat Berat Exavator

Pemkab Murung Raya

Peminat Calon Kades di Mura Tinggi

Pemkab Murung Raya

Pemkab dan DPRD Mura Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS 2024

Pemkab Murung Raya

Sekda Mura Ajak Generasi Muda Kembangkan Bakat

Pemkab Murung Raya

Perdie: Melalui Mura Bermazmur Sebagai Wujud Syukur Umat Kristiani

Pemkab Murung Raya

Dinas Ketahanan Pangan Mura Gelar Festival Pangan Lokal

Pemkab Murung Raya

Perdie Sambut Kunjungan Bupati Bengkayang