Home / Pemkab Murung Raya

Selasa, 5 Maret 2019 - 18:28 WIB

Dinkes Mura Giatkan Sosialisasi BAB di Toilet

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya (Mura) dr. Suria Siri menyebu sampai saat ini mayoritas masyarakat yang bermukim di bantaran sungai masih menggunakan sungai untuk aktifitas buang air besar (BAB). Hal ini menjadi perhatian serius oleh pihaknya supaya dirubah.

Lantaran menurut dia, sungai merupakan sumber kehidupan sehingga harus dijaga kelestariannya agar tidak tercemar khususnya limbah kotoran.

Baca Juga :  Parah!! Pesta Miras dan ngelem, 16 Remaja Ini Diciduk Polisi

“Kami akan terus sosialisasikan kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan aktifitas BAB di sungai, masyarakat harus fahami ini termasuk harus ada dukungan dari Pemerintah Desa untuk menganjurkan masyarakatnya membangun WC di darat” tuturnya.

Dijelaskan di Mura baru ada 4 desa yang dinyatakan bebas BAB sembarangan, sisanya khususnya yang berada di bantaran sungai masih menggunakan sungai untuk BAB, kedepan akan terus dikurangi karena masyarakat harus mulai melakukan pola hidup sehat salah satunya punya toilet sendiri di rumah atau tidak lagi BAB di sungai.

Baca Juga :  Investor Diminta Berkontribusi bagi Daerah 

Feri warga Desa Juking Pajang Kecamatan Murung mengatakan, pihaknya memilih masih BAB di sungai karena terpaksa, lantaran di rumah tidak ada sumber air atau belum adanya sarana air bersih yang disalurkan ke rumah rumah warga, sehingga terpaksa masih menggunakan sungai. (to)

Share :

Baca Juga

Pemkab Murung Raya

Sekda Mura Buka Pelatihan Pengelolaan Sampah

Pemkab Murung Raya

Warga Diingatkan Waspada Penyakit Menular

Murung Raya

Masyarakat Diimbau Tak Terpengaruh Money Politic

Pemkab Murung Raya

Seluruh Pihak di Mura Harus Miliki Komitmen Turunkan Kasus Stunting

Pemkab Murung Raya

DP3A DALDUKKB Mura Berikan Makanan Tambahan Untuk Ibu Hamil di Tumbang Kunyi

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Minta Kasus Pembuangan Bayi Diusut

Pemkab Murung Raya

Gandeng Bulog, Pemkab Mura Gelar Operasi Pasar

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Dukung Program KKS