Tersandung Korupsi, Tiga ASN Mura Dipecat

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com
Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) memecat tiga orang aparatur sipil negara (ASN) nya yang terbukti terjerat kasus korupsi. Pemecatan ini dilakukan mengacu kepada keputusan tiga menteri yakni, Mendagri, Menpan RB dan BKN.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSM) Kabupaten Murung Raya (Mura), Yance P Sirenden mengatakan, tiga orang ASN yang dipecat tersebut karena telah terbukti tersandung kasus korupsi.

Pemberhetian tersebut, berdasarkan keputusan tiga menteri tentang penegakan hukum terhadap pegawai negeri sipil yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana korupsi (Tipikor).

“Ketiga ASN yang diberhentikan secara tidak hormat tersebut diantaranya Budi,ST, Ainul Yakin dari Kantor Dinas PUPR, dan Azzahidi dari Kantor Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mura,” Kata Yance P Sirenden kepada awak media saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Kabupaten Mura, Rabu (20/2).

Yance menjelaskan, berdasarkan peraturan kepegawaian, ketiga ASN ini tidak berhentikan selama hukuman dibawah empat tahun penjara, akan tetapi setelah keluar SK dari tiga menteri dengan surat Gubernur Kalteng, Pj Sekda Provinsi Kalteng yang ditujukan kepada Bupati Kabupaten Mura terpaksa mereka harus diberhentikan.

“Saya mendengar informasi bahwa Budi akan melayangkan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) terkait pemecatan dirinya,”ucapnya.

Padahal lanjut dia, Budi ini telah menjalani hukuman kurungan sebagaimana vonis hakim pengadilan.

“saya kira apa yang direncanakan budi untuk melayangkan gugatan itu bagus, jika seandainya beliau menang alangkah lebih bagus sebagai bahan koreksi pemerintah untuk kedepannya,” paparnya. (to)