Pemkab Mura Bakal Kembangkan Wisata Air Terjun Bumbun

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) bakal mengembangkan objek wisata yang ada seperti air terjun Bumbun yang terletak di wilayah Kecamatan Uut Murung berjarak puluhan kilometer dari Kota Puruk Cahu.

Pasalnya, air terjun setinggi 2 meter
dengan debit air yang besar tersebut selama ini menjadi salah satu wisata air terjun terindah dan primadona mastarakat Kabupaten Mura.

Bupati Mura Drs. Perdie MA mengungkapkan, sejak tahun lalu ia sudah mengintruksikan dinas terkait yakni Dinas Parpora untuk fokus
pengembangan wisata air terjun Bumbun tersebut, namun ternyata tak
dilaksanakan.

Sehingga pada tahun ini, dirinya kembali mengingatkan kepada Dinas tersebut untuk fokus pengembangan objek wisata ke arah air terjun Bumbun, baik itu membangun sarana penunjangnya maupun
promosi.

“Air terjun Bumbun merupakan salah satu air terjun terindah dan punya
potensi besar untuk dikmbagkan menarik wisatawan, sehingga pada tahun ini objek wisata tersebut harus menjadi fokus perhatian SOPD terkait,” kata Perdie Selasa (5/2).

Air terjun yang berlokasi di Desa Tumbang Olong II tersebut memiliki keindahan tersendiri, selain ketinggiannya mencapai
belasan meter, juga punya debit air yang besar didukung denan panorama
alam di sekitar yang masih asri.

Dirinya optimis apabila dikembangkan dan dipromosikan, akan mampu menarik minat wisatawan tidak hanya lokal, namun juga mancanegara, itu tergantung dari promosi yang dilakukan nantinya.

“Saya pernah mengunjungi air terjun tersebut beberapa kali, mesi sering namun ketika tiba di air terjun Bumbun, saya tetap takjub dengan panorama alam yang disajikan, dan saya yakin air terjun ini akan menjadi salah satu ikon wisata yang akan digemari wisatawan di masa yang akan datang,”tandasnya. (to)