Home / Kotim

Selasa, 19 Februari 2019 - 16:34 WIB

Kejari Kotim Bakal Selidiki Dugaan Pelanggaran HGU PT BSP

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) bakal menyelidiki dugaan pelanggaran atas penggarapan lahan diluar hak guna usaha (HGU) oleh PT Borneo Sawit Persada (BSP), yang beroperasi di wilayah Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Hal ini diutarakan oleh Kepala Kejari Kotim Wahyudi melalui Kasi Intel Sunardi saat menghadiri rapat pelaksanaan plasma di Aula DPRD Kotim Selasa (19/2).

Baca Juga :  Pengedar Sabu Kota Besi Diciduk Polisi

Menurut Sunardi, pihaknya siap menindaklanjuti untuk melakukan penyelidikan terkait dugaan pelanggaran atas penggarapan lahan diluar HGU tersebut. Asalkan masyarakat setempat ikut berperan terutama dalam memberikan bukti konkrit baik berupa keterangan dan data yang dibutuhkan, terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan perusahaan tersebut.

“Intinya kita di kejaksaan siap memproses sepanjang itu memiliki bukti,”ungkapnya dalam rapat tersebut.

Ia menjelaskan, sesuai peraturan Undang-Undang No 40 tahun 2017 tentang Perseroan Terbatas, perusahaan yang terbukti melakukan pelanggaran bisa dibubarkan. Bahkan dalam pasal 146 ditegaskan, bahwa Pengadilan Negeri bisa membubarkan perseroan terbatas atas permohonan dari pihak kejaksaan.

Baca Juga :  Disambar Buaya, Tangan Warga Lempuyang Putus

“Jadi jika perusahaan itu melanggar kepentingan umum, atau melakukan perbuatan melanggar peraturan perundang-undangan. Maka kita bisa mengajukan proses pembubaran, asalkan memenuhi ada alat bukti adanya pelanggaran tersebut,”paparnya. (pras/hm)

Share :

Baca Juga

Kotim

Truk CPO Terbalik, Minyak Berhamburan Menumpahi Sungai Cempaka Mulia Barat

Kotim

Dua Pengedar Zenith Ketapang Dibekuk Polisi

Kotim

Cegah Karhutla, Dewan Dorong Pemkab Manfaatkan Lahan Terlantar

Kotim

Hantam Truk CPO, Pengendara Motor Patah Kaki

Kotim

Panen Melimpah, Harga Nenas di Kotim Anjlok

Kotim

Danrem Serahkan Bantuan Kendaraan “Si Komos” untuk Kodim 1015 Sampit 

Kotim

Teror Buaya Masih Meresahkan Warga Samuda, Kecamatan Imbau Warga Waspada

Kotim

Pelaku Pembobol Rumah Siang Bolong Dibekuk Polisi