Dinkes Kobar Imbau Masyarakat Hindari Sek Bebas

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kobar mengimbau masyarakat agar menghindar dari sek bebas dan berganti pasangan. Hal ini guna mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS Kabupaten Kobar.

Imbauan ini disampaikan oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kobar Jamin Ginting Selasa (26/2).

Jamin mengatakan, penularannya penyakit HIV/AIDS cepat menular jika berhubungan seksual lawan jenis sering berganti pasangan.

“Untuk di Kabupaten Kobar, paling banyak penularannya melalui hubungan seksual dengan orang yang memiliki potensi tinggi tertular yaitu Pekerja Seks Komersial (PSK),” ungkap Jamin.

Para penderita ini lanjut Jamin, sering menyembunyikan karena dianggap aib. Sehingga fakta bahwa dirinya tertular dan tidak mau mengikuti terapi dan pengobatan pada klinik HIV yang saat ini sudah berada disetiap puskesmas-puskesmas terdekat.

“Penderita HIV/AIDS paling banyak diketahui saat yang bersangkutan menjalani pemeriksaan medis. Karena ia dirawat di rumah sakit akibat menderita penyakit tertentu,”papar Jamin.

Bila orang tersebut masih menderita HIV lanjut dia, biasanya akan memberikan terapi mental dan obat Anti-Retroviral (ARV) yang harus dikonsumsi seumur hidupnya untuk membantu menjaga kekebalan tubuhnya dari berbagai penyakit lain yang bakal menggerogotinya.

Karena itulah, tambah Jamin, untuk mencegah tertularnya individu dari virus HIV diperlukan kesadaran pribadi, salah satunya yaitu untuk tidak melakukan perilaku seksual yang berpotensi menjadi faktor penularan. (aro)