Diguyur Hujan, Warga Tiga Desa Khawatir Terjadi Banjir Bandang

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Tingginya intensitas hujan disertai angin kencang yang terjadi di Kabupaten Murung Raya sepekan terakhir, membuat khawatiran warga yang tinggal di tiga desa seperti Desa Dirung Lingkin, Tahujan Ontu, dan Olung Hanangan Kecamatan Tanah Siang Selatan. Pasalnya, penduduk desa setempat trauma dengan hujan deras yang terjadi lantaran beberapa kali desa mereka ini pernah diterjang banjir bandang.

Hal ini diutarakan oleh warga Desa Dirung Budi. Menurut dia, sampai saat ini warga desanya masih trauma dengan bencana banjir bandang yang sudah beberapa kali terjadi melanda pemukiman di desanya beberapa tahun lalu.

Sehingga saat terjadi hujan deras disertai badai, seluruh warga mulai waspada dan merasa ketakutan sembari terus memantau kondisi sungai menawing, karena dikhawatirkan ada luapan besar yang mengakibatkan banjir bandang.

“Kami pernah merasakan banjir bandang beberapa tahun lalu, dimana semua masyarakat panik, bahkan tidak sempat menyelamatkan harta benda bahkan ternak. Saat itu bencana banjir bandang baru pertama kali terjadi dan begitu dasyat sehingga masih membekas dibenak masyarakat,” ungkapnya Jumat (15/2).

Sementara di Desa Dirung Lingkin, Tahujan Ontu dan Olung Hanangan sendiri, sekitar tahun 2011 lalu pernah diterjang banjir bandang yang begitu dahsyat. Akibat kejadian itu, banyak warga yang mengalami kerugian harta benda, bahkan salah satu warga ada yang sempat hilang karena di seret banjir bandang, namun beruntung berhasil ditemukan selamat. (to)