Dewan Ingatkan Pemkab Untuk Optimis Terhadap Target PAD

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya mengingatkan, agar proyeksi target capaian pendapatan asli daerah (PAD) harus tetap optimis. Hal ini disampaikan saat pembahasan serius panitia khusus (Pansus) rencana pembangunan jangka mengengah daerah (RPJMD) 2018-2023.

Ketua Pansus RPJMD DPRD Mura Rumiadi SE SH mengatakan, perdebatan yang cukup alot dalam beberapa hari dengan Pemkab Mura, hanya berkaitan dengan proyeksi target PAD. Karena dari sisi proyeksi PAD yang disajikan oleh Pemkab Mura sangat pesimis, berbanding terbalik dengan prestasi 5 tahun yang lalu.

“Awalnya target kenaikan APBD kita dalam 5 tahun 2018-2023 hanya Rp 203 miliar berbanding terbalik dengan prestasi lima tahun lalu 2013-2018 Rp 450 miliar sehingga kami minta kepada pihak Pemda Mura dapat lebih optimis menargetkan PAD untuk meningkatkan APBD kita,” katanya saat diwawancarai seusai Rapat Paripurna, Rabu (20/2).

Kendati asumsi Pemkab Mura ada beberapa sektor yang ditarik oleh pemerintah pusat dan provinsi, menurutnya hal tersebut bukan menjadi alasan rendahnya ataupun pesimis target tersebut dapat dicapai.

“Kita sudah sepakat bersama pihak Pemkab Mura untuk bisa lebih meningkatkan PAD dari sektor sektor retribusi. Seperti sektor retribusi izin tambat,” tandasnya. (ad)