Dewan Desak Pemkab Cari Solusi Pendistribusian Air Bersih

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com Distribusi air bersih dalam Kota Puruk Cahu yang dikelola perusahaan daerah air minum (PDAM) manuai sorotan dari DPRD Mura. Hal ini dikarena belum baiknya pendistribusian air bersih bagi warga Kota Puruk Cahu.

Bahkan hingga saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura belum menemukan solusi untuk perbaikan layanan tersebut.

“Sejak 4 tahun terakhir kami dari Fraksi Karya Demokrat Indonesia Raya (KDIR) selalu mengangkat hal ini kepermukaan untuk dicarikan solusi penyelesiaannya, namun tampaknya pemda bersama PDAM sampai saat ini belum ada langkah nyatanya,” kata Salahudin saat membacakan pandangan fraksinya belum lama ini.

Menurut dia, sampai saat ini permasalahan air bersih masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat. “Kita bisa tanyakan langsung masalah ini di masyarakat, masih belum ada langkah kongkrit dari pemerintah,” ucapnya.

Selama ini lanjut dia, secara teknis pendistribusian air bersih khusus di Kota Puruk Cahu ini masih menggunakan metode gravitasi dari atas ke bawah.

“Metode gravitasi untuk 10 tahun yang lalu kami rasa masih bisa menjadi pilihan, namun seiring cepatnya pertumbuhan penduduk dan pemukiman serta faktor geografis di kota kita ini saya rasa teknisnya harus diubah,” ujar politisi Gerindra ini.

Pihaknya berharap dinas teknis dapat mencari solusi kedepan agar seluruh warga Kota Puruk Cahu dapat menikmati distribusi air bersih yang layak. (ad)