Dewan Ajak Warga Pelihara Peninggalan Sejarah

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, mengajak seluruh lapisan masyarakat Seruyan agar menjaga dan memelihara peninggalan sejarah yang masih tersisa seperti meriam pengantin yang ada di Desa Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan.

“Salah satu yang patut kita jaga adalah meriam pengantin di Sembuluh, itu merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda dan patut kita jaga dengan baik,” kata anggota DPRD Kabupaten Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, Minggu (17/2).

Menutut dia, hal ini patut dilakukan mengingat kedua meriam tersebut merupakan bukti sejarah sisa peninggalan masa lalu yang ada di daerah tersebut.

“Apalagi kalau menurut keterangan dari warga setempat, meriam itu sudah ada sejak lama bahkan sebelum wilayah tersebut dihuni oleh warga setempat dan menjadi perkampungan,” ujarnya.

Karena itu, ia mengharapkan kepada semua pihak agar bisa menjaga aset tersebut, karena memang tidak semua wilayah memiliki bukti sejarah ini, sehingga berpotensi untuk bisa menjadi tujuan wisata dalam maupun luar daerah. (al)