Bupati Minta Camat Pantau Pelaksanaan Program Desa

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs Perdie MA meminta kepada para Camat di masing masing wilayahnya untuk memantau dan mengevalusasi program yang akan diusulkan oleh pemerintah desa. Pemantauan dan evaluasi tersebut dilakukan agar program yang dibuat ditingkat desa tidak keluar jalur dari program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, Provinsi dan Pusat, sehingga bisa sinergis.

“Saya minta camat melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap usulan program yang dibuat oleh pemerintahan dea, jangan asal setuju kemudian diusulkan ke kabupaten, evaluasi dahulu ditingkat kecamatan, agar usulan ke kabupaten didapat hanya program yang sesuai prioritas saja,” ungkap Perdie saat menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Barito Tuhup Raya (Batura) beberapa waktu lalu.

Menurut Perdie, pembangunan infrastruktur yang saat ini masih menjadi perhatian serius pemerintah, khususnya infrastruktur di perdesaan yang masih banyak belum tersentuh pembangunan harus lebih diprioritaskan.

Termasuk juga pembangunan ekonomi masyarakat yang juga harus mendapat porsi dalam setiap usulan program karena desa juga ppunya beran yang besar dalam upaya meningkatkan kemampuan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat.

Sehingga lanjut dia, ketika ada kegiatan atau program lain yang tidak terlalu berdampak terhadap pembangunan infrastruktur dan ekonomi masyarakat bisa ditunda dahulu, kecuali memang di desa tersebut infrastruktur dan ekonominya sudah baik, baru boleh diusulkan program lainnya sesuai apa yang diaspirasikan oleh masyarakat.

“Sebaiknya fokus saja membuat program apa yang dibutuhkan, jangan terlalu banyak sehingga nanti terkesan setengah setengah, siapkan porsi anggaran yang cukup untuk program yang dibuat sehingga bisa selesai dan segera dinikmati oleh masyarakat,”tandasnya. (to)