Home / Metro Palangka Raya

Senin, 18 Februari 2019 - 17:26 WIB

Aliansi Dayak Bersatu Tolak Transmigrasi Baru di Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Dayak Bersatu menggelar aksi unjuk rasa damai di Kantor DPRD Kalteng dan Kantor Gubenur Kalteng, Senin (18/2). Aksi ini menuntut pemerintah membatalkan pencabutan moratorium program penempatan transmigrasi.

Kemudian, menolak penempatan transmigrasi baru di Kalteng serta meminta dilibatkannya masyarakat Dayak dalam program Food Estate. Lantaran mereka menilai kegagalan mega Proyek Lahan Gambut (PLG) sejuta hektar menjadi contoh bagi masyarakat Kalteng.

“Kami pada intinya tidak anti pendatang, tapi transmigrasi ini tidak perlu dilaksanakan kembali. Sekarang saja banyak daerah transmigrasi yang terbengkalai, bahkan hampir tidak ada penghuninya. Maka dari itu kami menolak transmigrasi baru,” tegas Koordinator Aksi, Ingkit Beny Sam Djaper, saat menyampaikan orasinya, Senin (18/2).

Baca Juga :  Kasus Pelecehan Seksual Dianggap Janggal

Menurut Ingkit, ada keraguan dari pemerintah terkait program transmigrasi ini. Terutama terkait apakah tetap moratorium atau sudah dicabut. Meski di satu sisi pemerintah telah menyebutkan akan ada program transmigrasi pada tahun ini di Kabupaten Lamandau.

“Persoalan inilah yang harus dipertegas pemerintah, karena menyangkut program kebijakan. Ada kecenderungan kecemburuan sosial dari masyarakat lokal terhadap pendatang atau transmigran yang mendapat kemudahan dari Pemerintah Pusat, seperti kepemilihan sertifikat tanah. Sedangkan masyarakat lokal dianggap masih kesulitan mendapatkan hak atas tanahnya.” papar Ingkit.

Baca Juga :  Pengedar Sabu Jalur Pelairan Dibekuk Ditpolairud Polda Kalteng

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail mengatakan, sepakat dengan yang disampaikan Aliansi Dayak Bersatu, khususnya soal menjaga harkat dan martabat putra daerah.“Tuntutan ini kalau memang bisa diakomodir, karena saya sepakat dengan menjaga harkat dan martabat Dayak.”kata Wagub kepada awak media.(dr)

Share :

Baca Juga

Metro Palangka Raya

Diduga Stroke, Warga Pahandut Tergeletak Tewas Tepi Jalan

Hukum Kriminal

Kapolda Tindak Tegas Anggota yang Bermain-main dengan Narkoba

Hukum Kriminal

Kurang dari 24 Jam, Pelaku Pencurian Masker Berhasil Dibekuk

Metro Palangka Raya

Nadalsyah Mundur Sebagai Ketua Tim Pemenangan Ben – Ujang

DPRD Kota

Dewan Minta Perusahaan Taati Aturan Pemerintah

Metro Palangka Raya

Digerebek  Polisi, Pejudi Lari Berhamburan 

Metro Palangka Raya

Bocah Berusia 8 Tahun Diduga Dianiaya Tetangganya 

Metro Palangka Raya

Jual Zenith dan Menantang Polisi, Pemuda Ini Diciduk Polisi 
error: Content is protected !!