Aksi Pencurian Walet Terbongkar Berkat Bunyi Alarm, Satu Pelaku Terciduk

SAMPIT, KaltengEkspres.com – Aksi pencurian sarang burung walet terjadi disalah satu bangunan gedung walet milik warga bernama Dede yang terletak disekitar kawasan Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM) Sampit, Minggu (17/2) malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Pelaku diduga berjumlah tiga orang ini nekat memanjat bangunan menggunakan tali.

Beruntung aksi ini berhasil diketahui warga dan petugas jaga di PPM Sampit. Sehingga saat itu warga berdatangan dan mengepung lokasi sekitar bangunan untuk mencari ketiga pelaku ini. Namun sayangnya, dari tiga pelaku ini, hanya satu orang yang berhasil ditangkap. Sementara dua lainnya berhasil melarikandiri.

Pemilik sarang burung walet Dede mengatakan, aksi pencurian tersebut diketahui pihaknya saat alarm yang terpasang di gedung sarang burung walet berbunyi sekitar pukul 21.30 WIB.

“Ketika alarm berbunyi, saya mulai curiga dan langsung meminta kepada anak buah saya mengecek ke dalam gedung tersebut, setelah dicek ternyata benar ada orang di dalam gedung dalam yang sedang bersembunyi seakan-akan telah pasrah. Saya pun bergegas mehubungi polisi,” ungkapnya kepada KaltengEkspres.com, Senin (18/2).

Ia menjelaskan, sejauh ini belum mengetahui pasti kerugian dari aksi pencurian itu, karena seluruh barang bukti sudah diserahkan kepada pihak kepolisian, bersama dengan pelaku yang berhasil ditangkap malam itu.

Terpisah Kapolsek Ketapang AKP I Kadek Dwi Yoga ketika dikonfirmasi Senin (18/2) membenarkan, telah mengamankan satu pelaku. Menurut dia, kasus ini masih dalam penyelidikan pihaknya untuk mengungkap pelaku lainnya yang terlibat. (pras)