Jembatan KM 74 Jalan Menuju Kecamatan Uut Murung Putus

0
12 views

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir, menyebabkan jembatan penyeberangan di KM 74 Jalan HPH menuju Kecamatan Uut Murung, Kabupaten Murung Raya terputus.

Putusnya jembatan ini mengakibatkan akses transportasi kendaraan roda empat lumpuh, dan menunggu dibuatnya jembatan sementara agar bisa dilalui oleh masyarakat Hulu Sungai Barito.

Dari keterangan foto yang diperoleh KaltengEkspres.com tampak kondisi jembatan mengalami kerusakan berat. Bahkan hanya sedikit warga yang memberanikan diri menyeberang menggunakan roda dua.

Informasi yang berhasil dihimpun dari Anggota Pospol Uut Murung Brigpol M Rizal menyebutkan, rusaknya salah satu jembatan ini terjadi sejak 24 Desember 2018 lalu. Sampai saat ini kondisinya belum mendapat perbaikan sampai berita ini ditayangkan.

“Jembatan tersebut rusak sejak sebelum Natal tahun 2018 lalu, jadi sampai sekarang transportasi kendaraan roda empat lumpuh total. Jalan ini milik perusahaan, yang merupakan satu-satunya akses darat,” kata M Brigpol Rizal lewat pesan WhatsApp, Jumat (11/1).

Ditambahkannya, bahwa ada 4 desa yang ada di Kecamatan Uut Murung terkena dampak akibat rusaknya jembatan penghubung tersebut.

“Biasanya perjalanan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 jam untuk sampai ke ibukota kecamatan, sekarang harus ditempuh selama 9 jam karena harus menunggu antrian feri penyeberangan melalui desa Muara Joloi,” imbuhnya. (eno)