Dongkrak Minat Baca, Legislator Kota Dorong Puskaling Digalakan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mendorong program perpustakaan keliling (puskaling) lebih digalakan lagi, dalam rangka meningkatkan minat baca warga Kota Palangka Raya.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah. Ia menginginkan pemerintah kota mampu menambah jumlah kendaraan operasional puskaling untuk mempermudah mobilisasinya.

“Kalau jumlahnya hanya ada beberapa saja, satu atau dua unit yang aktif, saya rasa hal tersebut masih kurang. Mengingat luasnya wilayah kota Palangka Raya, dengan jumlah 30 kelurahan, tentu saja hal tersebut akan menyulitkan mereka dalam pembagian wilayah untuk dikunjungi secara rutin,” kata Rusdiansyah, Rabu (23/1).

Salah satunya lanjut dia, didaerah Rakumpit. Di daerah tersebut bisa sulit untuk menjangkau lokasinya oleh mobil, termasuk kendaraan operasional perpustakan keliling yang dimiliki oleh pemerintah kota.

“Untuk beberapa wilayah memang aksesnya susah, tapi paling tidak untuk wilayah terluar yang masih mampu dijangkau oleh kendaraan operasional, bisa dimaksimalkan penggunaannya setiap hari, minimal mendatangi sekolah-sekolah agar anak-anak bisa menambah bahan untuk pelajaran. Begitu juga dengan kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan di berbagai bidang, misalkan buku mengenai kewirausahaan, atau masalah bertani,” bebernya.

Anggota dewan yang akrab disapa Uwah ini juga menjelaskan, bahwa perpustakaan keliling tidak akan berjalan dengan maksimal, jika sosialisasi mengenai adanya program puskaling tidak digalakkan oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait.

“Diharapkan pemerintah bersedia untuk meningkatkan lagi sosialisasi mengenai peningkatan budaya literasi ini, termasuk program perpustakaan keliling yang telah kita miliki. Penting untuk kita membangun minat baca anak-anak sedini mungkin untuk menciptakan generasi penerus yang berguna bagi bangsa,” tandasnya. (dr)