Desa Ujung Tombak Keberhasilan Daerah

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com  – Pemerintah Daerah (Pemda) saat ini gencar melakukan pembangunan dan peningkatan infrastruktur dasar di tingkat Desa, apalagi Desa menjadi ujung tombaknya kebehasilan daerah.

Wakil Bupati Murung Raya (Mura) Rejikinoor SSos menerangkan untuk membangun dari desa itu sangat tepat untuk pemerataan pembangunan di tingkat desa, sehingga arah kebijakan strategis daerah juga berawal dari desa itu sangat luar biasa manfaatnya untuk masyarakat.

Menurut Wakil Bupati mayoritas masyarakat di Kabupaten Murung Raya tinggal dan bermukim di desa. “Pemerintahan yang ada ini, Kami Perdie – Rejikinoor pada lima tahun kedepan berupaya bagaimana meningkatkan pembangunan desa ini agar lebih maju pembangunan, masyarakatnya mandiri dan sejahtera, terutama melalui program 1,5 Miliar 1 Desa dan 1 Kelurahan di Murung Raya,” ungkap Rejikinoor, belum lama ini.

Menurut Kinoi sapaan akrab Rejikinoor , dilakukannya pembangunan berbasis pedesaan, sehingga ada pemerataan pembangunan di tingkat desa maupun Kelurahan di 10 Kecamatan di Kabupaten Mura.

Karena melalui program Rp 1,5 Miliar 1 Desa dan 1 Kelurahan menggunakan APBD Kabupaten Mura. Dengan cara dan program tersebutlah sangat tepat untuk Mura dalam membuka keterisolasian, dan memberantas kemiskinan dan kebodohan, melanjutkan pembangunan Murung Raya Emas 2030.

Dalam kurun waktu lima tahun kedepan ini babwa setiap tahun desa terima Rp 1,5 Miliar dalam bentuk program kegiatan, dari program Pemda yang bersumber dari APBD, kesejateraan masyarakat di desa akan lebih terukur ketika ditambah anggaran dari Dana Desa, dan Alokasi Dana Desa. (eno)