Home / Kobar

Minggu, 18 November 2018 - 16:37 WIB

Diskan Sosialisasi Program Asuransi Jiwa Nelayan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mensosialisasi program tahap pertama bantuan premi asuransi nelayan (BPAN) bagi para nelayan Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang rapat Kantor Diskan Kobar, Sabtu (17/11/2018).

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil dan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan (Diskan) Kobar Anil Otor mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para nelayan terkait pelaksanaan program penjaminan jiwa bagi nelayan. Selain itu juga untuk menumbuhkan kesadaran bagi nelayan akan pentingnya berasuransi secara mandiri.

Baca Juga :  Bupati Tegaskan PT GBSM Segera Selesaikan Hak Masyarakat

“Asuransi ini diperuntukan bagi nelayan yang dalam kegiatan kerjanya banyak beresiko terhadap keselamatan jiwanya, karenanya penting bagi nelayan untuk ikut berasuransi,”ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa asuransi ini sesuai dengan yang telah diamankan pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada nelayan. Hal ini menjadi dasar dan payung hukum bagi pemerintah dalam pelaksanaan tugas dan perlindungan tersebut.

“Fasilitas bantuan premi ini diberikan selama satu tahun. Ini khusus bagi mereka yang sudah terdaftar dan memiliki kartu nelayan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan yang sebelumnya telah di data oleh tim dari Dinas Perikanan Kobar,”ungkap Anil.

Baca Juga :  Tongkang Bermuatan Formalin Meledak

Sementara itu dalam kegiatan sosialisasi tersebut, diikuti para nelayan sebagai calon peserta jaminan asuransi dari pihak KKP. Kegiatan ini rencananya akan dilaksankan pada priode berikutnya yakni tahap kedua nantinya melibatkan para nelayan atau pelaku utama bidang penangkapan ikan. (aro)

Share :

Baca Juga

Kobar

Resmi Bertugas, Kapolres Fokus Tindak Pelaku Jumino dan Korupsi, serta Kedepankan Pendekatan Masyarakat

Kobar

Cegah Mamin Berbahaya, BPOM Gandeng Pramuka

Kobar

Pabrik Penyulingan Arak di Kumai Digerebek Polisi, Dua Orang Ditangkap

Kobar

27 Orang Terjaring Operasi Yustisi

Kobar

Lapas Pangkalan Bun Gagalkan Penyelundupan Sabu

Kobar

Enam Fraksi Tak Setujui Satu Ranperda Usulan Pemkab Kobar

Kobar

Kakek Rofik Ditemukan Tewas di Ladang Sayur

Kobar

Bupati Inginkan Pelaksanaan Konsorsium Buku Merata Hingga Kecamatan