Palangka Raya Mulai Diselimuti Kabut Asap

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  Ancaman kabut asap mulai melanda Kota Palangka Raya. Ini terlihat setelah kota Palangkka Raya diselumuti kabut asap yang membuat pernapasan terganggu.

Kendati tidak menganggu aktifitas masyarakat. Namun kondisi kabut asap tebal, mulai berdampak menganganggu pernapasan warga pengendara, Senin (1/10) siang. Diduga asap yang menyelimuti Palangka Raya merupakan kiriman dari kebakaran hutan dan lahan di kabupaten tetangga.

Kepala Satgas Karhutla Kalteng juga Komandan Korem 102 Panju Panjung, Kol Inf Harnoto mengatakan, diseluruh Kalteng banyak ditemukan titik api dan hingga saat ini seluruh pihak terus berusaha memadamkan dan menanggulangi kejadian tersebut.
”Banyak titik api diseluruh kalteng dan kendala saat ini ketersediaan air,”ujarnya.

Perwira menengah TNI itu menyampaikan khusus untuk kabut di Palangka Raya merupakan kiriman dari Pulang Pisau dan Kapuas yang memang ditemukan banyak titik api.

”Palangka Raya berkabut ini karena kiriman dari daerah lain, memang ada karhutla di palangka tetapi tidak berpengaruh,”paparnya.

Sementara itu, salah seorang warga Budi, mengatakan bahwa semakin hari kabut asap semakin jelas dan membuat pernafasannya sesak.”Ini makin parah, napas saja sesak dan semoga bisa diatasi sesegera mungkin,”ucapnya. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here