Maknai Kemerdekaan, Ketua DPRD Kota Ajak Perangi Hoax dan Tinggalkan Pesimis

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com  Pemerintah Kota Palangka Raya turut memperingati HUT RI ke-73, dengan mengadakan upacara bendera. Pada kegiatan ini Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia bertindak sebagai inspektur upacara (Irup), sedangkan Ketua DPRD Kota Palangka Sigit K Yunianto menjadi pembaca tek prokmasi. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Balaikota Palangka Raya, Jumat (17/8) pagi.

Seusai mengikuti peringatan HUT RI ini, Ketua DPRD Kota Sigit K Yunianto mengajak masyarakat Kota Palangka Raya agar memaknai hari kemerdekaan dengan memerangi hoax dan meninggalkan pesimistis.

“Kemerdekaan Indonesia dengan mempertahankan perjuangan para pahlawan menggunakan pemikiran poisitf. Untuk itu hoax harus dienyahkan dan pesimistis ditinggalkan,”ungkap Sigit K Yunianto Jumat (17/8).

Sigit mengatakan, perayaan 73 tahun kemerdekaan RI kali ini terdapat dua tema utama yang bersinergi yaitu “Energi dan Kerja”.

“Tema energi diambil dari identitas Asian Games XVIII yaitu the energy of asia. Sementara tema kerja merupakan cerminan semangat dan upaya pemerintahan yang sekarang untuk perubahan Indonesia.

Karena itu lanjut dia, perspektif memaknai kemerdekaan pasca proklamasi yang setiap tahun diperingati dan dirayakan tentu berbeda dengan generasi sebelum proklamasi. Saat ini generasi berjuang menjaga kestabilan politik, keamanan, membebaskan diri dari belenggu kemiskinan.

“Tongkat estafet pun terus berlanjut, yang sekarang kita sebut dengan ‘Pembangunan’,”tegas Sigit.

Menurutnya, pahlawan dulu telaj melahirkan republik ini sebagai bidang-bidang bangsa penuh dengan darah, nyawa, airmata, harta, semua. “Tugas kita mengisi, maka mbok ya jangan nge-hoax,”ucapnya.

Untuk itu tambah Sigit, mempertahankan kemerdekaan, harus dilakukan tidak dengan cara-cara memecah belah, namun dengan mempersiapkan diri menghadapi tantangan global agar Indonesia bisa bersaing.

“Berpikiran positif terhadap negara juga penting untuk memacu perkembangan. Tidak hanya mengeluh, namun juga harus memberikan harapan agar mempersiapkan segala sesuatu dengan positif,”tandasnya. (dr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here