Home / DPRD Kota

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 18:32 WIB

Dewan Kota Dukung Gerakan Anti Hoax

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya mendukung gerakan anti hoax. Bentuk dukungan ini dewan turut mengajak warga agar tak terpengaruh berita-berita tidak benar. Selain itu dewan juga meminta penegakan hukum kepada pelaku penyebar berita palsu atau hoax agar memberikan efek jera.

“DPRD Kota Palangka Raya mengajak semua pihak dapat memerangi pemberian hoax yang dapat memecah belah bangsa, khusunya di Kota Palangka Raya. Maka itu no hoax dan jangan mudah terpancing hal-hal yang belum tentu kebenarannya,”ungkap Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie Lambung ketika menghadiri pembukaan Palangka Fair 2018, Jumat (24/8).

Baca Juga :  PLTMH Rusak, Masyarakat Suling Tambun Tak Miliki Listrik

Ia berharap masyarakat jangan mudah terprovokasi atas isu yang belum jelas informasinya. Sebab, segala sesuatu harus meninjau kembali kebenaran berita. Terlebih, jika seseorang menyebarkan berita hoax dapat terkena sanksi sesuai dengan Undang-undang ITE dengan ancaman minimal enam tahun penjara.

“Agar tidak mudah terpancing atau mudah menerima begitu saja berita yang tidak jelas sumbernya. Jadi berita yang dibaca harus jelas sumbernya dan tidak menjadi penyebar fitnah,” jelasnya.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kota Hadiri Rakornas Ketiga Adeksi

Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat dapat melakukan sejumlah langkah dalam menangkal berita hoax. Pertama yaitu tidak membagikan berita yang memiliki unsur SARA tanpa mengecek kembali sumber beritanya.

“Kedua tanyakan kembali kebenaran berita dengan pihak penyebar berita terhadap kebenaran data tersebut. Terakhir, catat sumber berita tersebut. Jika ada berita yang sumbernya sama maka dari sana kita bisa ambil sikap untuk membiarkannya saja,”tandasnya. (dr)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Masyarakat Diimbau Waspada Peredaran Upal

DPRD Kota

Dewan Usul Dua Raperda tentang Pendidikan 

DPRD Kota

Dewan Dukung Peningkatan Sektor Pendidikan

DPRD Kota

Plt Kepala BPBD Kota Harus Sosok Penyabar

DPRD Kota

Dewan Dorong Sektor Wisata Terus Dikembangkan

DPRD Kota

Jangan Mudah Terprovokasi Isu Politik

DPRD Kota

Usulan Kenaikan BPIH Sebaiknya Dikaji Ulang

DPRD Kota

Dewan Imbau Masyarakat Lengkapi Imunisasi Anak