Home / Barito

Jumat, 20 Juli 2018 - 07:24 WIB

Tak Kantongi IMTA, Enam TKA Asal Tiongkok Dideportasi

BUNTOK, KaltengEkspres.com Kantor Imigrasi Kalimantan Tengah (Kalteng), bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), mendeportasi enam Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di PT Thu Green Energi (THUGE), perusahaan pengolahan briket arang yang beroperasi di wilayah Desa Penda Asem dan Desa Pararapak, Kecamatan Dusun Selatan Barsel. 

“Keenam WNA ini digrebek langsung oleh pihak Imigrasi Kalimantan Tengah, bekerjasama dengan Disnakertrans Barsel, karena karena saat pemeriksaan diketahui bekerja tidak mengantongi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA),”kata Kepala Disnakertrans Barsel Ir Fajar kepada Kalteng Ekspres.com Kamis (19/7)

Akibat tidak memiliki IMTA ini lanjut dia, mereka ditahan dan akan segera dipulangkan kenegara asalnya. Saat ini sudah ditahan di Kantor Imigrasi Palangka Raya. 

Baca Juga :  Ketua PKB Barsel Anjurkan Tiap Sekolah Miliki Psikolog Pendidikan

Menurut Fajar, sebelum melakukan Deportasi, sekitar bulan Mei 2018 lalu, pihak Disnakertrans Barsel sudah memberikan peringatan kepada pihak perusahaan yang mempekerjakan TKA agar segera melengkapi dokumen IMTA bagi TKA.

“Entah kenapa peringatan tersebut tidak diindahkan oleh perusahaan tersebut, sehingga saat dilakukan pemeriksaan kita temukan enam TKA yang tidak lengkap dokomen,”ujar Fajar.

Adanya kejadian tersebut tambah dia, pihaknya mengimbau seluruh perusahaan yang beroperasi di wilayah Barsel, untuk melengkapi seluruh dokumen yang sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan, sebelum mempekerjakan TKA mereka.

“Kami minta, agar seluruh perusahaan yang beroperasi di Barsel, sebelum mempekerjakan TKA, harus melengkapi dulu semua dokumen yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangn yang berlaku, sehingga tidak  ada lagi TKA ilegal yang bekerja di Barsel ini,”tandasnya.(rif).

Share :

Baca Juga

Barito

Empat Kader Demokrat Barsel Divonis 1 Tahun Penjara

Barito

68 Anggota Satpol PP Ikuti Pembaretan

Barito

Residivis Pelecehan Seksual, Kembali Setubuhi Anak dibawah Umur

Barito

Siapkan Motor Mendukung Tim Kapendam XII/Tpr Kunjungi Lokasi TMMD

Barito

Warga NTT Tewas Tenggelam Usai Didorong Temannya ke Sungai Barito

Barito

Lawan Covid-19, Kapolres Barsel Ajak Semua Elemen Bersih Lingkungan

Barito

Disdik Barut Salurkan Dana Program Indonesia Pintar

Barito

Besok DPC PDIP Barsel Gelar Musancab
error: Content is protected !!