Home / Daerah / Kapuas

Selasa, 31 Juli 2018 - 16:56 WIB

Polsek Mentangai Bongkar Pembalakan Liar di Sungai Mentangai Hulu

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Polisi Sektor (Polsek) Mentangai membongkar pembalakan liar yang terjadi di Desa Mentangai Hulu Kecamatan Mentangai Kabupaten Kapuas, Senin (30/7/2018) sore. Dari giat ini diamankan sebanyak 800 batang kayu gelondongan. Sayangnya, saat berada di lokasi pemilik kayu sudah tidak berada ditempat.

Kapolsek Mentangai AKP Kristanto Situmeang mengatakan, kayu yang diamankan tersebut berada di jalur Sungai Mantangai Desa Mantangai Hulu. Kayu ini dalam kondisi sudah ditinggal pemiliknya. Sehingga diduga kuat merupakan kayu ilegall tanpa dokumen.

Baca Juga :  Dua Kali Ledakan, Dua Kantin RSUD Kuala Kapuas Terbakar

“Giat ini kita laksanakan setelah sebelumnya menerima informasi dari masyarakat. Menindaklanjutinya, kami langsung berangkat ke lokasi dan mengamankan 800 kayu gelondongan campuran. Sedangkan pemiliknya masih kita selidiki,”ujar Kristanto Situmeang, Selasa (31/7).

Mantan Kasat Narkoba Polres Kotawaringin Barat ini menjelaskan, kayu tersebut diduga tanpa dilengkapi Surat Keterangan Hasil Hutan Kayu Bulat (SKSHHKB). Sehingga diamankan ke Polsek Mantangai untuk dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

“Sejauh ini pelaku pemilik kayu masih kita selidiki. Jika nanti berhasil ditangkap ia bisa dikenakan pasal 83 ayat (1) huruf b Jo pasal 12 huruf e UU RI No 81 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan, dengan ancaman hukumam 10 tahun penjara,”paparnya. (so)

Share :

Baca Juga

Kotim

Lapas Sampit Over Kapasitas Tahanan Narkoba

Kotim

Ayo! Sudah Tiga Desa di Kotim Diproses Penegak Hukum

Kobar

70 ABK Kalimutu Dipaksa Kencing oleh Petugas BNNK Kobar

Katingan

Dua Pembobol Bangunan Walet Diciduk PolisiĀ 

Daerah

Dipicu Miras, Dua Pengendara Motor Terlibat Tabrakan, Satu Tewas Terkapar

Seruyan

Anggota DPRD Kalteng II Diharapkan Berkontribusi Bagi Kemajuan Seruyan

Katingan

Bandar dan Pengedar Sabu Tumbang Manggu Dibekuk Polisi

Barito

Dewan Temukan Kejanggalan dalam KUA PPAS 2020
error: Content is protected !!