Kejar Target 25 Ribu PTSL, BPN Kapuas Minta Dukungan Kecamatan dan Kelurahan

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kapuas mengharapkan dukungan pemerintah desa (Pemdes), kelurahan dan kecamatan permudah pengurusan administrasi warga perdesaan. Hal ini untuk mendukung program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dengan target 25.000 se-Kabupaten Kapuas tahun 2018.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Kapuas Suraji mengatakan, dalam rangka mencapai target 25.000 PTSL, BPN Kapuas tidak bisa berkerja sendiri, melainkan perlu dukungan dari pemerintah kecamatan, kelurahan dan Pemdes. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang diharapkan proaktif untuk mengurus data tanah serta keperluan administrasi agar bisa diajukan untuk PTSL.

“Untuk Pemdes dan kecamatan tentunya kami mengimbau permudah masyarakat untuk memenuhi administrasi pertanahan. Permudah masyarakat untuk mengurus kelengkapan berkas, sehingga bisa memenuhi adminsitrasi yang diperlukan. Kemudahan ini bisa dilihat dari nilai dan waktunya,” kata Suraji kepada awak media, Selasa (31/7).

Kepada masyarakat, dia juga mengingatkan agar segera membuat tanda batas dan memasang patok serta melengkapi keperluan berkas dalam pengajuan PTSL. Kemudian juga diharapkan, permasalahan tanah agar tidak terjadi, karena itu akan mempengaruhi dan membawa masalah ke depan.

“Pertama pasang tanda batas, kedua siapkan surat-surat kepemilikan. Kami berharap kepada masyarakat untuk segera melakukan dua hal itu,”ujarnya.

Ditanya target yang mencapai 25.000 tersebut? Suraji mengaku sangat optimistis bisa tercapai. Dia menegaskan, bahwa pada minggu pertama Agustus 2018 sudah bisa mendata 100 persen, dan pada minggu kedua data fisik sudah bisa terpenuhi termasuk data pengajuan sertifikat diluar PTSL seperti tanah wakaf serta lahan pertanian.

“Target kita sebenarnya sangat besar, paling besar dari semua kabupaten di Provinsi Kalteng. Selain PTSL 25.000, juga untuk lahan pertanian ada 1.000 dan tambahan lagi 1.500 tanah wakaf serta rumah ibadah 156. Tapi kita kerja ekstra untuk bisa memenuhi itu,” tandasnya. (so)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here