Sepekan, Ditemukan Empat Titik Api di Kabupaten Katingan

KASONGAN, KaltengEkspres.com РBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan mencatat selama  sepekan ditemukan empat titik api (hot spot) di wilayah Kabupaten Katingan.

Empat titik api ini ditemukan tersebar dibeberapa wilayah. Hal ini diungkapkan oleh Kepala BPBD Kabupaten Katingan Icing kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (8/6).

Menurut dia, sejak akhir Mei sampai dengan awal Juni 2018 ini, sudah tercatat ada 4 titik panas di kabupaten yang berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini. 

“Kemarin memang ada laporan dari Camat Katingan Tengah, telah terjadi kebakaran lahan seluas 1,5 hektar, tapi saat itu juga berhasil dipadamkan aparat gabungan, baik dari Polsek Katingan Tengah, anggota Koramil, pihak kecamatan dibantu warga,”ungkap Icing Jum’at (8/6/2018).

Dijelaskannya, untuk di wilayah Kecamatan Katingan Tengah sejauh ini sudah terdapat 3 titik panas, dan semuanya berhasil dipadamkan. “Kebakaran di Katingan Tengah ini semuanya terjadi di lahan kosong,”ujarnya.

Sedangkan satu titik panas lainnya lanjut dia, terpantau di wilayah Kecamatan Pulau Malan, namun dengan sigap juga berhasil dipadamkan sehingga tidak meluas.

Ditambahkan Icing pemicu terjadinya titik panas ini paling besar karena curah hujan yang sudah jarang terjadi sepekan terakhir.

“Cuaca cukup panas sejak lebih sepakan terakhir ini, sehingga memucu sebagian semak belukar mulai mengering, dan itu rawan terbakar,”tandasnya. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here