Panwaslu Katingan Terus Awasi Proses Tahapan Pilkada

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Katingan tidak hanya menyalurkan hak suara, namun juga menjaga keamanan dan netralitas serta perhatian khusus. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Katingan Yosafat T. Kawung. Menurut dia, proses tahapan Pilkada harus terus dipantau terutama jalannya penghitungan suara baik ditingkat TPS  hingga PPS dan PPK.

“Pemantauan ini diperlukan untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran selama Pilkada. Sehingga jalannya Pilkada bisa terhindar dari praktek kecurangan atau sebagainya,”ungkapnya kepada sejumlah awak media Rabu (27/6).

Ia menjelaskan, untuk di Kabupaten Katingan sejauh ini pelaksanaan proses Pilkada berjalan aman dan lancar tidak ada ditemukannya pelanggaran.  Kendati demikian, ia tetap menekankan agar proses pengawasan terus berjalan sampai dengan waktu yang ditentukan.

“Harapan kita semua TPS bisa menyelesaikan perhitungannya hari ini, sehingga kita bisa tau informasi apa saja yang terjadi di TPS apakah ada pelanggaran apa tidak akan tetapi sejauh ini belum ada ditemukan pelanggaran-pelanggaran,”ujarnya.

Karena lanjut dia, sampai dengan sore, masih ada beberapa kecamatan yang belum menyampaikan laporan, yakni wilayah Kecamatan Katinga Hulu, Kecamatan Petak malai dan Kecamatan Bukit Raya.

“Tiga wilayah ini diprediksi akan lambat menyampaikan informasi, dikarenakan akses komunikasi kurang memadai, kalau di 10 kecamatan lainnya mungkin akan lebih cepat menyampaikan informasi minimal di informasi di TPS,”paparnya.

Yosafat menambahakan, bahwa pengawasan  sejuah ini terus dilakukan pihaknya, khususnya anggota Panwaslu yang ada di masing-masing kecamatan. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here