Dua Pelaku Peti Katingan Diciduk Polisi

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Anggota Polisi Resort (Polres) Katingan menciduk dua orang warga Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan bernama Sembung (47) dan Mangasi Harianto Hutagalo (38). Dua warga ini diciduk karena kedapatan melakukan aktivitas penambangan  emas tanpa izin (Peti) di wilayah Sungai Rait Desa Tumbang Banjang, Kecamatan Pulau Malan, Minggu (20/5/2018).

Selain menahan kedua pelaku, Polres Katingan juga mengamankan barang bukti (barbuk) satu unit alat berat eksavator merek Kobelco SK200XD, dan peralatan penunjang lainnya. 

Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting mengatakan, penangkapan terhadap kedua pelaku ini berawal anggotanya melakukan giat operasi pemberantasan Peti di wilayah desa setempat. 

“Saat melakukan giat operasi ini, anggota menemukan adanya aktivitas penambangan tanpa izin di lokasi KM 24 Sungai Rait Desa Tumbang Banjang, sekitar pukul 14.00 WIB . Saat itu juga anggota menanyakan tentang perizinan kegiatan penambangan tersebut. Saat itu para pelaku tidak dapat menunjukan surat izin dari pihak yang berwenang. Sehingga keduanya langsung diamankan,”ujar Kapolres Selasa (22/5).

Usai mengamankan kedua pelaku bersama barang bukti (barbuk) nya lanjut Kapolres, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan ahli dari Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalteng untuk pengembangan lebih lanjut. 

“Akibat ulahnya ini kedua pelaku dijerat pasal 158 Undang-Undang RI No. 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara (Minerba) dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara,”tandasnya. (Ejk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here