Home / Kobar

Selasa, 10 April 2018 - 13:44 WIB

Bea Cukai Pangkalan Bun Musnahkan 309 Ribu Batang Rokok Illegal

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bae Cukai Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memusnahkan  barang bukti sebanyak 309.016 batang rokok illegal yang disita sejak 2015-2017 lalu. Kegiatan pemusnahan yang dipimpin langsung Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun Nurfanti Widyasari ini, dilaksanakan di halaman Kantor Bea Cukai setempat Selasa (10/4/2018). Barang bukti rokok illegal ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala Kantor Bea Cukai Pangkalan Bun Nurtanti Widyasari mengatakan, rokok illegal yang dimusnahkan ini merupakan hasil penindakan Bea Cukai Pangkalan Bun dari tiga kabupaten. Yakni Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara sejak tahun 2015-2017.  Rokok illegal yang disita ini terdiri-dari berbagai merek, dengan modus pelanggaran yakni tanpa pita cukai, dilekati pita cukai palsu, dan dilekati pita cukai bekas.

“Atas penindakan ini, maka barang tersebut yakni rokok illegal ditetapkan sebagai barang yang dikuasai negara (BDN), yang selanjutnya dijadikan sebagai barang milik negara (BMN), sehingga akhirnya dimusnahkan,”ungkap Nurtanti kepada sejumlah awak media Selasa (10/4/2018).

Dijelaskannya, jumlah barang bukti rokok illegal yang dimusnahkan ini sebanyak 309.016 batang. Dengan nilai barang sebesar Rp 135 juta lebih, dan potensi kerugian negara sebesar Rp 99 juta lebih.

“Kegiatan pemusnahan ini, juga sejalan dengan Operasi Gempur yang sedang digalakan Direktorat Jenderal Bea Cukai secara nasional. Tujuannya untuk menekankan tingkat peredaran barang kena cukai (BKC), sehingga memberikan situasi yang kondusif terhadap peredaran legal dan berdampak menaikan penerimaan cukai,”tandasnya. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Empat Komplotan Pencuri Buah Sawit Dibekuk Polisi

Kobar

3.160 Orang Mudik Lebih Awal melalui Kumai 

Kobar

Ditinggal Kosong, Rumah Tukang Pijat Terbakar

Kobar

Razia Dadakan Satlantas Kobar Jaring 43 Pengendara

Kobar

Edar Zenit, Buruh Molding Ini Diringkus Polisi

Kobar

Sejumlah Pedagang Buah Sempat Menolak Direlokasi

Kobar

Jenazah Korban Pemukulan Oknum Anggota Diautopsi

Hukum Kriminal

Antisipasi Kejahatan, Kapolres Kobar Imbau Warga Pasang CCTV
error: Content is protected !!