Home / Kobar

Senin, 12 Maret 2018 - 16:46 WIB

Replik JPU Tetap Tuntut Pidana Empat ASN Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) tetap bersekukuh menuntut pidana empat aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang tersandung kasus dugaan penggelapan dan penyerobotan lahan balai benih di Jalan Padat Karya Kelurahan Baru.

Hal itu diungkapkan JPU saat membacakan replik (tanggapan) atas eksepsi (pembelaan) dari terdakwa saat digelarnya sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalan Bun Senin (12/3/2018).

“Sesuai dengan replik yang kita bacakan. Para terdakwa tetap kita tuntut pidana. Karena telah memasukan lahan balai benih yang disangketakan ke dalam aset. Itu sesuai dengan replik yang kita bacakan bertentangan dengan ketentuan hukum,”ungkap JPU Acep seusai sidang kepada sejumlah awak media Senin (12/3/2018).

Padahal lanjut Acep, status lahan tersebut masih bermasalah. Sehingga tidak layak untuk diklaim dimasukan ke dalam aset daerah.

Ditempat yang sama Penasehat Hukum (PH) empat ASN Rahmadi G Lentam mengatakan, pihaknya kecewa dengan replik JPU. Lantaran JPU terkesan terlalu mencari kesalahan, dan tidak sesuai dengan fakta persidangan. Dengan memanfaatkan kekurang telitian dan ketidak tertiban aparat administrasi aset negara.

“Menanggapi replik tadi, semua itu tidak benar. saya anggap kering dan ngawur. Jaksa seakan akan menciptakan dirinya sebagai lembaga super body,”ujar Rahmadi kepada sejumlah awak media seusai sidang.

Sementara itu keluarga almarhum Brata Ruswanda, Kuncoro berharap, kasus ini bisa diputuskan dengan seadil-adilnya oleh Majelis Hakim (MH) PN Pangkalan Bun. Sesuai dengan bukti dan fakta-fakta persidangan. Supaya tidak ada yang merasa dirugikan. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Tragis, Sudah Dua Nelayan Mendawai Ditemukan Mengenaskan, Ini Identitasnya

Kobar

Wow! 13 Parpol Daftar Kepasertaan di KPU Kobar

Kobar

Dua Partai Diisukan Dukung Hamdani Maju Pilkada Seruyan

Kobar

Polisi Buru Bandar Pemasok 1 Ons Sabu ke Kobar

Kobar

Geger, Warga Temukan Mayat Tergeletak Tepi Jalan Trans Kalimantan

Kobar

Dewan Dukung Tim Gabungan Terus Berantas Miras di Kobar

Kobar

Wakil Bupati Kobar Positif Terpapar Covid-19

Kobar

Ditpolair Gandeng Pelajar Bersihkan Sampah Tepi Pantai