Home / Kotim

Rabu, 7 Maret 2018 - 16:13 WIB

Pengukuran Lahan di Kotim Nyaris Bentrok

SAMPIT, KaltengEkspres.com –¬† Mediasi antara Tim Desa Patai dengan Manajemen PT.Borneo Sawit Perdana (BSP) terkait penuntutan plasma 20 persen di daerah setempat belum menemukan titik terang kesepakatan. Terakhir upaya pengukuran lahan diduga diluar hak guna usaha (HGU) perusahaan oleh Tim Desa Patai dihalangi oleh perusahaan.
Bahkan nyaris terjadi bentrok antara tim desa dengan karyawan perusahaan yang dikerahkan untuk menghalangi upaya pengukuran ini, Rabu (7/3/2018).

“Hari ini kami bermaksud melakukan pengukuran lahan di titik koordinat di lahan yang diindikasi diluar HGU, seluas 207 hektar dari izin arahan lokasi PT BSP seluas 16.227 hektar. Namun sayangnya, belum sempat kita mengukur sudah dihalang-halangi karyawan perusahaan yang diterjunkan ke lokasi. Mencegah terjadinya keributan kami terpaksa menunda pengukuran ini,”ujar Ketua Tim Desa Patai Suparman kepada Kalteng Ekspres.com Rabu (7/3/2018).

Upaya pengukuran titik koordinat ini lanjut dia, dilakukan lantaran diduga perusahaan menggarap berada diluar izin arahan lokasi dan HGU nya. “Saat hendak kita ukur, ternyata manajemen seperti mengadu domba kita dengan karyawannya. Sehingga kami terpaksa menunda pengukurannya,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia berharap DPRD Kotim khususnya Komisi II yang membidangi masalah perkebunan agar segera melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) sesuai dengan surat Tim Desa Patai pada Tanggal 2 Febuari 2018 No surat 008/01/DS-PT/II/2018. Prihal meminta RDP Supaya ada titik penyelesaian terkait permasalahan  antara PT. BSP dengan masyarakat Desa Patai sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu saat dikonfirmasi, dari pihak perusahaan belum bersedia memberikan keterangan terkait menyikapi permasalahan ini. (MR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Waduh..Bantuan PKH di Kotim Dinilai Belum Tepat Sasaran

Kotim

Telantarkan Anaknya, Rabiatul Kembali Diingatkan dan Membuat Surat Pernyataan Kedua

Kotim

Diduga Laka Tunggal, Warga Jaya Kelapa Ditemukan Tewas Membusuk

Kotim

Jual 33 Paket Sabu, Warga Ketapang Diringkus Polisi

Kotim

Tragis, Warga Parenggean Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kotim

Personel TNI dan Warga Harus Berendam Memasang Tiang Jembatan di Lokasi TMMD

Kotim

Amankan TPS, Polres Kotim Sebar 400 Orang Personel

Kotim

Ditabrak Dua Pengendara, Balon Tewas Mengenaskan
error: Content is protected !!