Home / Kotim

Rabu, 7 Maret 2018 - 10:06 WIB

Dispar Kotim Gagas Pembuatan Buku Sejarah Kerajaan Sampit

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Pasca digelarnya haul raja bungsu yang dipercaya sebagai pendiri kerajaan Sampit beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kotim berencana membuat buku tentang sejarah kerajaan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kotim, Farjurrahman melalui Kasi Sejarah Sudarso mengungkapkan, temuan situs kerajaan Sampit di desa Bagendang Permai, kecamatan Mentaya Hilir Selatan beberapa waktu yang lalu merupakan bukti pentingnya menggali sejarah kerajaan di daerah ini sebagai salah satu potensi wisata.

Baca Juga :  Miris! Baru Terpilih di Pilkades Serentak, Kades Batuah Dipolisikan, Lantaran Aniaya Warganya

“Situs kerajaan Sampit merupakan aset wisata yang ingin kita kembangkan ke depannya, salah satu wacana kita adalah dengan membuat buku tentang sejarah kerajaan sungai Sampit,” katanya Selasa (6/3/2018).

Hal itu bermanfaat akan menambah wawasan masyarakat akan cerita seputar kerajaan yang hilang tersebut. “Informasinya orang-orang terdahulu yang mengetahui cerita sejarahnya masih hidup, dari mereka kita akan gali data sejarahnya guna penulisan buku,”ujar Sudarso

Baca Juga :  Pelajar Antusias Ikuti LKJ TMMD Reguler ke-109

Dengan adanya buku tersebut lanjut dia, diharapkan akan menunjang potensi wisata kerajaan Sungai Sampit yang selama ini cukup melegenda, hanya saja belum diketahui secara luas karena terbatasnya literatur mengenai hal itu. “Ada memang satu dua buku terkait hal itu, tapi kita rencananya ingin membuat lebih detil,” tambahnya. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Pelajar MTSN dan SMP 3 Pulau Hanaut Diberikan Pembelajaran PBB

Kotim

Terlibat Tabrakan dengan Truk Bermuatan Sapi, Sopir Avanza Nyaris Tewas Terjepit Kabin

Kotim

Bea Cukai Sita Ratusan Rokok Ilegal

Kotim

Sampit YE, Berikan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Desa Pelangsian

Kotim

Dua Karyawan Pabrik PT GSK Tewas di dalam Bunker

Kotim

Tewaskan Dua Pengendara Motor, Dua Sopir Ditetapkan Tersangka

Kotim

Duhh!! Pasok Kosmetik Illegal, Istri Bandar Sabu Turut Terciduk

Kotim

Tragis, Warga Baamang Hilir Tewas Membusuk
error: Content is protected !!