Home / Kotim

Rabu, 7 Maret 2018 - 10:06 WIB

Dispar Kotim Gagas Pembuatan Buku Sejarah Kerajaan Sampit

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Pasca digelarnya haul raja bungsu yang dipercaya sebagai pendiri kerajaan Sampit beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kotim berencana membuat buku tentang sejarah kerajaan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kotim, Farjurrahman melalui Kasi Sejarah Sudarso mengungkapkan, temuan situs kerajaan Sampit di desa Bagendang Permai, kecamatan Mentaya Hilir Selatan beberapa waktu yang lalu merupakan bukti pentingnya menggali sejarah kerajaan di daerah ini sebagai salah satu potensi wisata.

Baca Juga :  Busett!! Bobol Gedung Walet Warga Basirih, Pria Asal Kobar Ini Dibekuk Polisi

“Situs kerajaan Sampit merupakan aset wisata yang ingin kita kembangkan ke depannya, salah satu wacana kita adalah dengan membuat buku tentang sejarah kerajaan sungai Sampit,” katanya Selasa (6/3/2018).




Hal itu bermanfaat akan menambah wawasan masyarakat akan cerita seputar kerajaan yang hilang tersebut. “Informasinya orang-orang terdahulu yang mengetahui cerita sejarahnya masih hidup, dari mereka kita akan gali data sejarahnya guna penulisan buku,”ujar Sudarso

Baca Juga :  Polisi Gagalkan Peredaran 3 Ons Lebih Sabu di Kotim

Dengan adanya buku tersebut lanjut dia, diharapkan akan menunjang potensi wisata kerajaan Sungai Sampit yang selama ini cukup melegenda, hanya saja belum diketahui secara luas karena terbatasnya literatur mengenai hal itu. “Ada memang satu dua buku terkait hal itu, tapi kita rencananya ingin membuat lebih detil,” tambahnya. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Polsek Jaya Karya Inisiasi Gotong Royong Perbaiki Jalan Berlobang

Kotim

Pengedar 38 Paket Sabu Diringkus Polisi

Kotim

Satgas TMMD Kodim 1015/Spt Bangun Jembatan untuk Kenyamanan Aktivitas Masyarakat

Kotim

Pelaku Pencurian Terekam CCTV Dibekuk di Rumahnya

Kotim

Jembatan Padas Jebol, Warga Minta Segera Diperbaiki

Kotim

Polres Kotim Gagalkan Peredaran Sabu Hampir 1 Kg

Kotim

Pengedar Sabu Disergap Saat Hendak Bertransaksi

Kotim

Tiga Pengedar 10 Paket Sabu Diringkus Polisi