Home / Kotim

Rabu, 7 Maret 2018 - 10:06 WIB

Dispar Kotim Gagas Pembuatan Buku Sejarah Kerajaan Sampit

SAMPIT, Kaltengekspres.com – Pasca digelarnya haul raja bungsu yang dipercaya sebagai pendiri kerajaan Sampit beberapa waktu lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kotim berencana membuat buku tentang sejarah kerajaan tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kotim, Farjurrahman melalui Kasi Sejarah Sudarso mengungkapkan, temuan situs kerajaan Sampit di desa Bagendang Permai, kecamatan Mentaya Hilir Selatan beberapa waktu yang lalu merupakan bukti pentingnya menggali sejarah kerajaan di daerah ini sebagai salah satu potensi wisata.

Baca Juga :  Kejari Kotim Musnahkan Barbuk Rampasan dari Pelaku Kejahatan

“Situs kerajaan Sampit merupakan aset wisata yang ingin kita kembangkan ke depannya, salah satu wacana kita adalah dengan membuat buku tentang sejarah kerajaan sungai Sampit,” katanya Selasa (6/3/2018).

Hal itu bermanfaat akan menambah wawasan masyarakat akan cerita seputar kerajaan yang hilang tersebut. “Informasinya orang-orang terdahulu yang mengetahui cerita sejarahnya masih hidup, dari mereka kita akan gali data sejarahnya guna penulisan buku,”ujar Sudarso

Baca Juga :  Kendaraannya Terbakar, Penumpang Minta PT DLU Segera Bertanggungjawab

Dengan adanya buku tersebut lanjut dia, diharapkan akan menunjang potensi wisata kerajaan Sungai Sampit yang selama ini cukup melegenda, hanya saja belum diketahui secara luas karena terbatasnya literatur mengenai hal itu. “Ada memang satu dua buku terkait hal itu, tapi kita rencananya ingin membuat lebih detil,” tambahnya. (FR)

Share :

Baca Juga

Kotim

Siswi SMK Tewas Tersengat Listrik Saat Memetik Daun Singkong

Kotim

16 Anggota Pramuka Kwarcab Putri Kotim Wakili Kalteng di Tingkat Nasional

Kotim

Dua Pengedar Sabu Diringkus Polisi

Kotim

Tragis! Wanita Asal Bapinang Dirampok Pria Tidak Dikenal di Hotel

Kotim

Bupati Kotim Harapkan TMMD Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat

Kotim

Dinilai Semraut, Dishub Kotim Kritik Pengelolaan Parkir di Sampit Expo

Kotim

Truk CPO Terbalik, Minyak Berhamburan Menumpahi Sungai Cempaka Mulia Barat

Kotim

Program TMMD Juga Menyasar Bidang Pendidikan