Home / Kobar

Selasa, 6 Maret 2018 - 20:13 WIB

Dewan Sahkan Empat Ranperda Baru Jadi Perda

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar sepakat mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) baru menjadi Peraturan Daerah (Perda). Pengesahan ini dituangkan setelah sebelumnya enam fraksi DPRD Kobar sepakat menyetujui empat Ranperda tersebut dalam Rapat Paripurna di Aula DPRD Kobar, Selasa (6/3/2018).
Empat ranperda yang ditetapkan menjadi perda tersebut meliputi ranperda tentang pelayanan kepelabuhan, ranperda tentang retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran, ranperda tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, ranperda tentang retribusi pemeriksaan kendaraan bermotor.

Kemudian satu ranperda sepakat dicabut yakni ranperda nomor 6 tahun 2012 tentang izin gangguan dan perda nomor 7 tahun 2012 tentang retribusi izin gangguan. Selanjutnya dalam pemandangan umum fraksi.

Selaian sepakat menyetujui empat ranperda menjadi Perda. Pada rapat ini juga enam fraksi sepakat menunda dua ranperda untuk dibahas pada masa sidang selanjutnya. Dua ranperda tersebut adalah, ranperda tentang retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran dan ranperda tentang penyelenggaraan perhubungan.

Baca Juga :  Bupati Canangkan Hasil Panen Petani Seruyan Ditampung BUMD
Juru bicara Fraksi Gerindra, Ramidah mengatakan, ranperda penyelenggaraan perhubungan terpaksa dipending karena naskahnya baru diserahkan pada saat rapat gabungan sehingga tidak cukup waktu bagi anggota DPRD kobar untuk mempelajari. Kemudian untuk ranperda retribusi pemeriksaan alat pemadam kebakaran seluruh fraksi menyepakati agar eksekutif menyampaikan data-data rinci termasuk terkait estimasi atas retribusi.

Sedangkan dari juru bicara Fraksi PAN, Muliadi dalam pemandangan umum fraksi menegaskan, agar ranperda tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, pemkab Kobar segera menyiapkan peraturan bupati (perbup) sebagai payung hukum atas disahkannya perda tanggung jawab sosial ini. Sehingga perda-perda yang telah ditetapkan bisa berfungsi dan dijalankan dengan sebaiknya serta dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasihnya atas pembahasan yang dilakukan secara bersama-sama dan akhirnya menyetujui empat ranperda yang akan ditetapkan menjadi perda.

“Harapan kita ranperda ini setelah ditetapkan menjadi perda bisa memberi manfaat bagi masyarakat secara umum,”kata Ahmadi.

Pada kesempatan ini ia juga meminta kepada semua SOPD agar segera menindaklanjuti semua saran dan kritik yang disampaikan oleh fraksi-fraksi DPRD Kobar sehingga program pembangunan daerah bisa berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan bersama. (hm)

Share :

Baca Juga

Kobar

Aparat Gabungan Amankan Logistik Pilkada

Kobar

Wajah Baru Kuasai DPRD Kobar, Ini Daftar 30 Caleg Terpilih

Kobar

Antisipasi Masuknya Virus Corona, KKP dan KSOP Kumai Periksa ABK Asing

Kobar

Antisipasi Covid-19, KSOP Kumai Larang Kapal Asing Sandar di Kumai

Kobar

Dewan Mulai Bahas LKPj dan Ranperda Barang Milik Daerah

Kobar

Datangkan Pekerja Asing Illegal, Pengusaha Puya Ini Dibawa ke Kodim

Kobar

Dewan Dukung Penertiban Lapak PKL Bagi Penataan Kota

DPRD Kobar

Kobar Rawan Kriminalitas, Ini Kata Srikandi DPRD Kobar
error: Content is protected !!