Home / Katingan

Jumat, 24 November 2017 - 19:20 WIB

HKN di Katingan Diisi Kampanye SBS dan Komitmen Germas

KASONGAN, Kaltengekspres.com – Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 diperingati oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Katingan Jumat (24/11/2017). Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Katingan ini, diisi dengan kampanye stop buang air besar sembarangan (SBS) dan penandatangan komitmen desa serta pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Peserta sedang mengikuti senam masal

Kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Katingan Sakariyas bersama  istri Daurwatie Sakariyas dan sejumlah unsur FKPD seperti Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, Kajari Kasongan Pilipus Khalolik, serta Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha.

Sakariyas mengatakan, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit, selain dipengaruhi kualitas serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan, adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang paling besar.

“Untuk itu sangat perlu membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan masyarakat khususnya dilingkungan keluarga,”ujarnya saat membacakan sambutannya dikegiatan tersebut.

Program lain yang didorong untuk membudayakan masyakat hidup sehat lanjut Sakariya, adalah Germas. “Dengan mendorong program Indonesia sehat, pendekatan keluarga melalui Germaa, dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sebagai upaya promotif dan preventif, sehingga terciptanya masyarakat yang sehat,”paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Robertus Pamuryanto, menerangkan, Germas bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Karena menurunkan angka stunting atau gizi buruk, mencegah penyakit menular dan tidak menular serta seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Katingan harus terakses dalam program kesehatan nasional.

“Germas merupakan program multi sektor, tidak hanya dibidang kesehatan, Germaa semua sektor semua element masyarakat ikut berpartisipasi dalam gerakan hidup sehat,”ungkapnya.

Sementara itu seusai melakukan pembubuhan tandatangan komitmen, peserta yag hadir langsung mengikuti senam masal bersama dengan ratusan warga kasongan yang sebagian besar merupakan aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Katingan ini. (Ejk)

Share :

Baca Juga

Katingan

Pembobol Mobil Pikap Diringkus Polisi 

Katingan

Tahun Ini, 190 Unit Rumah di Katingan Bakal Terima BSPS

Katingan

Geger, Remaja Katingan Panjat Tower Telkomsel

Katingan

Kapolda Kalteng Kunker ke Katingan

Katingan

Wabup Katingan Hadiri Ultah ke- 7 Tahun KTC

Katingan

Jual Kupu, Aspin Dibekuk Polisi

Katingan

Suami Oknum Pegawai Manggala Agni Lapor Damang, Minta Hukum Adat Digelar

Katingan

Waduh! Sampah di TPS Sudut Kota Kasongan Ini Kurang Terurus