Asik! Dikawal Polair, Ratusan Masyarakat Antusias Ikut Tradisi Mandi Safar

SAMPIT,Kaltengeskpres.com – Ratusan masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) antusias merayakan tradisi mandi safar yang biasa dilaksanakan setiap tahun sekali di kawasan pelabuhan Pusat Perbelanjaan Mentaya ( PPM ) Sampit.

Atusias ini terlihat saat ratusan warga menceburkan diri ke sungai untuk mandi bersama. Acara mandi masal tahunan  yang dipercaya untuk membuang dari segala marabahya ataupun bala ini, mendapat pengawalan pihak kepolisian air (Polair).

Kasat Polair Polres  Kotim Iptu Jaka mengatakan, untuk mengamankan dan mengawal kegiatan ini, pihaknya menurunkan beberapa nggota Polair. Anggota tersebut diterjunkan disekiling titik lokasi yang menjadi pusat berkumpul masyarakat mandi bersama.

“Para anggota ini melaksanakan pengawalan dilengkapi peralatan, dan juga senjata untuk mengantisipasi supaya tidak terjadinya hal-hal yang tidak diingkankan,”ujarnya kepada Kaltengeskpres.com  Rabu (15/11/2017) saat turun langsung memantau kegiatan di lapangan.

Sementara itu salah seorang warga saat dimintai keterangan, mengaku, senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Karena selain ramai dihadiri warga lainnya, kegiatan itu juga menjaga dan melihara budaya atau tradisi daerah. Sehingga ke depan bisa terjaga, tidak punah.

“Kegiatan ini positif, karena tidaknya bisa membangun kebersamaan antara sesama warga Kotim,”ungkapnya singkat ketika dimintai keterangan disela-sela mandi. (MR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here